Membuat Rumah Nyaman dengan Desain Tepat

Minggu, 11 Januari 2015 - 10:01 WIB
Membuat Rumah Nyaman dengan Desain Tepat
Membuat Rumah Nyaman dengan Desain Tepat
A A A
Mendapatkan rumah ideal sudah tentu menjadi dambaan setiap orang. Termasuk impian mendapat posisi atau arah hadap rumah. Lalu, bagaimana jika rumah yang Anda pilih menghadap ke arah barat? Ada sebagian orang yang mengatakan posisi rumah yang menghadap ke arah barat tidaklah nyaman.

Salah satunya karena terkena paparan sinar matahari siang yang membuat rumah sedikit panas. Padahal, arah hadap yang kerap dianggap kurang baik, bisa disiasati dengan berbagai cara. Salah satunya menambahkan sunscreendan penanaman pohon yang rindang.Meski dianggap posisi yang tidak menguntungkan, rumah yang menghadap barat tidak selamanya negatif.

Terpenting, jangan sampai batal membeli rumah idaman hanya gara-gara arah hadapnya ke barat. “Kelemahan rumah hadap barat bisa terlihat pada saat proses matahari terbenam. Kondisi ini menyebabkan suhu dalam ruangan terasa lebih panas. Jika rumah sudah lama ditempati, renovasi menambahkan kisi-kisi atau bukaan menjadi suatu keharusan,” sebut arsitek Irwandi Adam.

Anda bisa membuat banyak bukaan di sisi kanan, kiri, dan belakang bangunan. Apabila tidak memungkinkan, pengolahan fasad dan atap bisa menjadi solusi praktis bisa mengurangi dampak sinar matahari yang biasa menerpa di antara pukul 14.00 hingga 16.30 WIB.Demikian pula untuk rumah baru dengan posisi yang sama. Jika dibangun dengan desain yang tepat, Anda bisa memainkan pola fasad dan menambahkan bukaan di sisi bangunan.

Meminimalkan bukaan pada fasad akan mengurangi dampak negatif rumah hadap barat. Namun, bukan berarti harus tampil kaku dan terkesan tidak welcome. “Untuk rumah hadap barat, fasad bisa dibuat lebih ringan dengan menambahkan kaca yang dilapisi film. Lalu bisa juga membuat penghalang di pintu utama berupa sunscreendan harus perhatikan jaraknya.

Ruang utama yang dekat dengan pintu masuk bisa dimanfaatkan sebagai ruang penerima, bidang penghalangnya bisa dibuat masif maupun berongga atau memanfaatkan kayu yang dihiasi tanaman. Jadi, matahari tidak langsung masuk ke dalam rumah,” tutur Irwandi.

Anda juga bisa memanfaatkan bidang transparan. Pengolahan fasad yang memanfaatkan bidang transparan menambahkan sunscreenhorizontal atau vertikal untuk sedikit mengurangi cahaya matahari. Pada desain rumah tropis, pemanfaatan overstekyang lebar juga mampu mengurangi pengaruh matahari. Untuk rumah minimalis, biasanya bisa menambahkan kanopi di atas jendela.

“Jika desain rumah hadap barat lebih tepat bila memanfaatkan kaca sebagai elemen bangunan. Sebaiknya kaca tersebut diberi lapisan film. Lapisan film ini akan memantulkan kembali panas yang dibawa sinar matahari. Jadi sedikit mengurangi suhu diu dalam rumah,” kata Irwandi.

Cara lain yang bisa Anda lakukan, yaitu membuat kisi-kisi, baik horizontal maupun vertikal. Pembuatannya bisa memanfaatkan kayu maupun baja. Jika menyukai tanaman, beri tanaman rambat agar kisi-kisi menutup sinar matahari dengan baik. Tentunya kisi-kisi dipasang di bidang fasad yang memiliki bukaan transparan. Hal lain yang bisa dilakukan membuat vertical garden. Selain terlihat hijau dan estetis, cara ini akan mengurangi panas matahari yang masuk ke dalam rumah.

Aprilia s andyna
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6980 seconds (0.1#10.140)