Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan

Rabu, 14 Januari 2015 - 11:13 WIB
Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan
Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan
A A A
MUSIK adalah salah satu dari sedikit kegiatan yang melibatkan menggunakan seluruh otak. Hal ini sering dilakukan oleh banyak orang di zaman dengan teknologi canggih. Tidak hanya menenangkan pikiran dan jiwa ternyata mendengarkan musik mempunyai manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.

Dikutip dari Healthmeup, berikut adalah beberapa manfaat mendengarkan musik baik untuk kesehatan tubuh :

1. Meredakan Nyeri di Tubuh
Musik memiliki kegunaan yang besar dalam meredakan nyeri dibadan seperti nyerti di punggung maupun merasakan lelah pada tubuh. Musik bekerja pada sistem saraf otomatis dan dapat meringankan rasa sakit kronis yang merupakan efek pasca operasi. Bahkan, terapi musik sering dilakukan di rumah sakit sebagai pengganti obat yang digunakan saat melahirkan, anestesi dan untuk nyeri pasca operasi. Musik memaksa tubuh untuk melepaskan endorfin untuk menetralkan rasa sakit.

2. Menyehatkan Jantung
Tempo, intensitas dan kecepatan pada musik memengaruhi jantung. Mendengarkan musik meningkatkan denyut jantung dan pernapasan sambil bersantai, sedangkan irama musik yang slow menurunkan denyut jantung dan pernapasan. Pasien jantung dapat memilih trek terbaik bagi mereka untuk mempromosikan kesehatan jantung.

3. Meningkatkan Kemampuan Verbal dan Kecerdasan
Pendidikan musik yang diberikan kepada anak-anak pada tahap awal dapat meningkatkan keceradasan otak anak. Tak Hanya meningkatkan kecerdasan, belajar musik sejak dini dapat meningkatkan keterampilan visual dan verbal. Memainkan alat musik juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan seseorang dan IQ.

4. Memperkuat Ingatan Bagi Lanjut Usia Lanjut
Mendengarkan musik pada usia tua dapat membantu menjaga otak sehat dan lebih fres. Mendengarkan musik bertindak sebagai latihan bagi otak dan meningkatkan memori ingatan yang lemah pada usia yang sudah tua.

5. Meningkatkan Suasana Hati
Mendengarkan musik bisa meningkatkan suasana hati yang buruk. Mendengarkan musik membuat otak Anda melepaskan dopamin yang merupakan bahan kimia agar suana hati dengan tenang

6. Mengontrol Tekanan Darah
Mendengarkan memperlambat dan menenangkan teratur dapat membantu pasien tekanan darah mengatasi kondisi mereka. The American Society of Hypertension menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik selama 30 menit dari Celtic menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.

7. Memudahkan Tidur
Musik dapat menenangkan pikiran dan jiwa untuk memudahkan tidur nyenyak. Musik bisa mengobati insomnia.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Mendengarkan jenis musik tertentu menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Mendengarkan musik yang berirama kuat selama 50 menit dapat meningkatkan kadar antibodi dalam tubuh dan menurunkan tingkat stres hormon kortisol.

9. Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil
Mendengarkan musik dalam kondisi hamil memungkin memiliki perkembangan fisik dan mental yang lebih positif setelah lahir. Bayi yang mendengarkan musik saat di dalam janin akan lebih maju dalam hal motorik,serta perkembangan intelektual setelah lahir.

10. Membantu Mengendalikan Nafsu Makan
Makan sambil mendengarkan musik dapat membantu memperlambat seseorang untuk mengunyah perlahan-lahan pada saat makan. Bahkan, mendengarkan musik dapat mengurangi nafsu makan dan makan lebih sedikit dan cocok untuk orang yang sedang menjalani diet.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5235 seconds (0.1#10.140)