Bertubuh Kurus pun Berisiko Kolesterol Tinggi

Rabu, 14 Januari 2015 - 14:01 WIB
Bertubuh Kurus pun Berisiko Kolesterol Tinggi
Bertubuh Kurus pun Berisiko Kolesterol Tinggi
A A A
JAKARTA - Kolesterol memang dapat menyerang siapa saja. Kolesterol dapat menyerang siapa saja, baik orang yang bertubuh gemuk maupun kurus.

Dilansir dari galloinstitute.org, orang bertubuh gemuk memang berisiko mengalami kolesterol lebih tinggi. Ini karena metabolisme lemak dalam tubuh berubah lantaran adanya resistensi insulin. Namun bagi yang bertubuh kurus tapi tidak menjaga pola hidup yang sehat, maka mereka juga berisiko kolesterol tinggi.

Berikut mengapa alasan orang bertubuh kurus memiliki kolesterol tinggi:

1. Kurang gerak
Tidak melakukan olahraga secara teratur, dapat meningkatkan kadar asam lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol.

2. Kebiasaan makan

Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak jenuh secara teratur dapat meningkatkan kadar kolesterol. Kuning telur, daging babi, udang, margarin dan hati dapat menyumbang Anda terkena kolesterol jahat. Orang kurus identik dengan sedikit makan, dan tidak makan makanan bergizi. Hal itulah yang dapat memicu orang kurus terkena kolesterol tinggi.

3. Alkohol
Minum alkohol berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Pasalnya alkohol tidak dapat dimetabolisme oleh tubuh yang meningkatkan tingkat low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

4. Stres
Meningkatnya level stres seseorang dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan level stres dapat menyebabkan akumulasi glukosa dan asam lemak yang meningkatkan kolesterol.

5. Gen
Kolesterol diproduksi oleh hati, juga ditambah dari makanan yang Anda makan. Gen memengaruhi fungsi hati dalam hal ini.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6215 seconds (0.1#10.140)