12 Gejala Anoreksia Nervosa

Senin, 19 Januari 2015 - 16:07 WIB
12 Gejala Anoreksia Nervosa
12 Gejala Anoreksia Nervosa
A A A
JAKARTA - Anoreksia nervosa (AN) dapat didefinisikan sebagai gangguan makan yang ditandai dengan penolakan mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang. Orang yang menderita anoreksia, terus berpikir bahwa dia harus menurunkan berat badan agar kembali ke bentuk tubuhnya.

AN merupakan sebuah penyakit kompleks yang melibatkan komponen psikologikal, sosiologikal, dan fisiologikal, pada penderitanya ditemukan peningkatan rasio enzim hati ALT dan GGT, hingga disfungsi hati akut pada tingkat lanjut. AN dapat menyebabkan pemberhentian kerja organ-organ tubuh dan kematian.

Selama tahap awal, AN tidak dapat diidentifikasi dengan cepat. Berikut 12 tanda Anoreksia yang dilansir dari Boldsky:

1. Menolak makanan
Orang yang menderita anoreksia memiliki kebiasaan untuk memilih rasa lapar. Ini adalah salah satu tanda-tanda pertama dari anoreksia. Mereka cenderung melewatkan makan mereka dan menolak untuk mengambil makanan dan memilih untuk kelaparan.

2. Kebiasaan makan berubah
Kebiasaan makan dari orang yang menderita anoreksia tiba-tiba berubah. Mereka cenderung makan makanan mereka secara diam-diam. Penderita anoreksia lebih memilih untuk makan hanya beberapa jenis makanan. Tidak hanya itu, penderita anoreksia secara drastis akan mengurangi porsi makan mereka.

3. Berat badan turun
Penurunan berat badan tiba-tiba adalah salah satu tanda dari anoreksia. Gangguan ini menghalangi nutrisi yang diperlukan untuk tubuh.

4. Memakai pakaian longgar
Seseorang yang menderita anoreksia cenderung memilih untuk menggunakan pakaian yang longgar. Hal ini bertujuan untuk menyembunyikan penurunan berat badan mereka.

5. Rambut rontok
Penurunan berat badan secara tiba-tiba dapat menurunkan suhu tubuh secara keseluruhan. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan rambut di beberapa daerah seperti wajah, kaki dan tangan berkurang.

6. Citra diri
Orang anoreksia memiliki citra diri yang berbeda. Mereka berpikir bahwa mereka gemuk. Faktanya mereka sudah memiliki tubuh yang kurus.

7. Perubahan pola menstruasi
Dalam kasus wanita, pola menstruasi mereka berubah ketika mereka menderita anoreksia.

8. Perubahan perilaku
Secara bertahan, penderita anoreksia akan mengisolasi diri. Mereka akan berhenti berbicara dengan anggota keluarga dekat mereka dan cenderung merahasiakan sesuatu.

9. Tekanan darah rendah
Tanda lain dari penderita anoreksia adalah tekanan darah yang rendah.

10. Kulit kering
Kulit kering terjadi karena kurangnya nutrisi. Inilah sebabnya mengapa orang yang menderita anoreksia akan terlihat lebih pucat dan kusam. Kulit mereka pun akan lebih kering.

11. Terobsesi berat badan
Penderita anoreksia sesekali akan memeriksa berat badan dan mengkhawatirkan kenaikan berat badannya.

12. Gejala lain anoreksia
Tanda-tanda lain dari anoreksia nervosa adalah dehidrasi, kuku yang rapuh, kelelahan, pusing, kejang, rambut rontok, sembelit dan osteoporosis.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8353 seconds (0.1#10.140)