Saatnya Beralih ke Streaming

Selasa, 20 Januari 2015 - 11:13 WIB
Saatnya Beralih ke Streaming
Saatnya Beralih ke Streaming
A A A
Inilah cara mendengarkan musik masa depan: streaming. Sekarang atau nanti, mau tidak mau Anda akan menjadi bagian dari perubahan teknologi di industri musik ini. Sebab, dengan segala keunggulannya, layanan streaming sulit dielakkan.

Kira-kira inilah yang sedang terjadi di industri musik dunia: penjualan album CD turun, layanan download (unduh) lagu digital pun turun. Satu-satunya bisnis model yang naik adalah ini: piringan hitam yang ngetren kembali dan streaming lagu. ”Anak-anak muda saat ini tidak suka membayar untuk musik,” ujar editor NewYorker.com Nick Thompson.

Penjualan lagu digital turun 12 persen, penjualan album digital turun 9 persen. Tapi, layanan streaming lagu meroket hingga 54 persen dari 2013 hingga 2014. Di Amerika dan Eropa layanan streaming sudah sangat populer karena memang cara penggunaannya sangat mudah. Konsumen bisa mencari judul lagu apapun yang mereka mau, mendengarkannya kapan saja, tanpa perlu repot menyimpan file lagu tersebut di ponsel mereka.

Perusahaan penyedia layanan streaming seperti Spotify mengklaim bahwa mereka telah memiliki 15 juta pelanggan berbayar dari total 60 juta pelanggan mereka. Google dan Apple pun sangat berfokus untuk mengembangkan layanan musik streaming. Layanan streaming pun sudah menyapa Indonesia sejak beberapa tahun silam.

Walau belum banyak digunakan, tapi layanan ini sangat cocok dengan pengguna Indonesia yang lebih berorientasi pada perangkat mobile mereka. Melalui layanan streaming, mereka bisa mendengar koleksi perpustakaan lagu yang hampir tidak terbatas tanpa harus menyimpannya di ponsel mereka. Lagu-lagu baru, lagu lama, lagu legendaris di masa lalu dapat langsung di dengarkan seketika.

Streaming pun tidak selalu boros konsumsi data. Buktinya, walau di kawasan dengan koneksi data tersendat, terkadang proses steraming bisa bisa berjalan. Nah, berikut ini adalah beberapa layanan steraming musik yang bisa diakses.

Danang Arradian
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5050 seconds (0.1#10.140)