Perankan Jenderal Soedirman, Adipati Dolken Punya Beban

Selasa, 20 Januari 2015 - 17:53 WIB
Perankan Jenderal Soedirman, Adipati Dolken Punya Beban
Perankan Jenderal Soedirman, Adipati Dolken Punya Beban
A A A
JAKARTA - Memerankan Panglima Besar TNI Jendral Soedirman yang berhasil memimpin perang gerilya menghadapi Agresi Militer Belanda II membuat Adipati Dolken memiliki beban tersendiri.

Pria pemilik nama lengkap Adipati Koesmadji itu merasa harus bisa mengeluarkan aura Jenderal Soedirman. Aktor berusia 23 tahun itu bakal memerankan sang jenderal dari usia 33 tahun sampai meninggal dunia.

"Beban pasti ada. Memerankan sosok di era 1945 sampai 1949 harus bisa natural. Susahnya harus bisa ngeluarin aura Jenderal Soedirman itu. Dia sosok pendiam tapi auranya sangat kuat," ujar Adipati.

Demi totalitasnya berperan sebagai Jenderal Soedirman, pemeran Harun dalam film Sang Kiai ini melakukan observasi. Observasi yang dia lakukan itu berupa membaca buku-buku sejarah, hingga berbincang langsung dengan putra bungsu Jenderal Soedirman, Teguh Soedirman.

"Saya sudah ngobrol sama Pak Teguh, saya dikasih beberapa CD tentang perjalanan Pak Soedirman. Saya dibawa untuk melihat museum Pak Soedirman di Pacitan, dibawa ke kuburannya," papar Adipati.

Film Jenderal Soedirman menceritakan kisah heroik Jenderal Soedirman semasa hidupnya dari perjuangan saat memimpin perang gerilya hingga harus melawan penyakit yang menggerogoti tubuhnya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7002 seconds (0.1#10.140)