Segar Alami dengan Taman

Rabu, 21 Januari 2015 - 09:20 WIB
Segar Alami dengan Taman
Segar Alami dengan Taman
A A A
Taman adalah pelengkap yang tak bisa dipisahkan dari hunian. Taman bertema dapat Anda jadikan pilihan untuk mempercantik tampilan halaman depan rumah.

Taman bertema mungkin bisa dijadikan satu solusi bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk berlibur.

Jika Anda mampu menata taman bertema secara apik, maka suasana liburan ala resor di rumah pun dapat dihadirkan setiap saat. Sama seperti membuat desain ruangan, kita juga harus memperhatikan tema untuk mulai membuat taman yang apik. Pilih gaya yang sesuai dengan selera serta desain rumah agar tercipta suatu tampilan yang harmonis dan selaras.

“Keutamaan taman bertema, selain untuk menunjang keindahan hunian, juga bisa membantu memberikan sirkulasi udara yang baik bagi pemilik rumah,” ujar Budi Indrawan, salah seorang arsitek lanskap. Budi menyebutkan, terdapat beberapa tipe taman yang bisa dijadikan pilihan untuk aplikasi taman bertema.

Misalnya taman bertema tropis, Bali, atau Eropa. Setelah menentukan tema yang dipilih, yang tidak kalah penting adalah penempatan taman. Jika Anda ingin menampilkan taman di bagian belakang rumah, taman bertema tropis bisa dijadikan pilihan yang tepat. “Taman tropis selalu identik dengan permainan garis tegas pada material hardscape. Biasanya ditambah dengan unsur air agar semakin memberi kesan asri pada taman tropis,” kata Budi.

Taman tropis tidak hanya mengunggulkan garis yang tegas. Unsur tanaman hijau juga kerap menjadi ciri jenis taman ini. Tanaman pinus, palem, dan kamboja, serta beberapa tanaman rambat dapat digunakan untuk menciptakan nuansa hijau yang alami. Aksesori pelengkap seperti gazebo, bisa menambah hidup taman yang selalu difungsikan sebagai tempat bersantai ini.

Tidak hanya itu, hamparan tanah di taman ini juga dapat dipadukan dengan berbagai jenis rumput, antara lain rumput gajah. Nah yang harus diperhatikan untuk penerapan taman bertema tropis adalah, dalam hal pemilihan tanaman, usahakan memilih tanaman yang tidak terlalu rumit dari sisi pertumbuhan dan perawatannya.

Jangan lupa pula, sesuaikan tanaman dengan lingkungan tropis di Indonesia agar taman tropis semakin terlihat asri dan sejuk. Taman bertema tidak hanya bisa diletakkan di dalam hunian. Jika Anda ingin menghadirkan konsep taman bertema di halaman depan rumah, taman tema Bali bisa dijadikan pilihan. Sisi pojok di halaman depan dapat disulap menjadi taman Bali nan cantik.

Selain itu, Anda bisa terus merasakan suasana pedesaan ala pulau dewata di rumah tanpa harus selalu berwisata ke sana. “Untuk membuat taman Bali di sudut depan rumah, sebenarnya tidak harus membutuhkan lahan yang luas,” kata Budi. Menurut dia, taman Bali bisa menghadirkan suasana tenang dan lebih tertata. Idealnya, taman Bali digunakan untuk tipe hunian semiklasik.

Salah satu kelemahan jenis taman ini adalah tidak bisa diaplikasikan pada hunian bergaya minimalis. Sementara, taman bertema Eropa lebih cocok ditempatkan di dalam rumah. Misalnya menjadi penghias sudut kecil seperti ruang makan.

Perpaduan aksesori lampu klasik dengan lantai yang dilapisi permadani hijau sebagai pengganti rumput serta permainan cat dinding yang apik, bisa menghadirkan sensasi tersendiri di ruang makan. Kelebihan taman bertema Eropa adalah, selalu bisa dimodifikasi dengan berbagai gaya hunian. Selain itu, taman tema ini lebih simpel dan tidak terlalu rumit dari segi perawatannya.

Jika Anda telah menentukan tema yang ingin dituangkan, hal lain yang patut diperhatikan adalah ukuran taman, juga jenis tanaman yang ingin digunakan. Bagi Anda yang memiliki lahan tidak terlalu luas, jangan langsung berkecil hati.

Desain taman yang simpel dan praktis, bisa membantu memberikan penonjolan pada desain arsitektur rumah dan hal ini tidak terlihat terlalu mendominasi.

Aprilia s andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6425 seconds (0.1#10.140)