Membidik ANAK MUDA

Kamis, 22 Januari 2015 - 10:51 WIB
Membidik ANAK MUDA
Membidik ANAK MUDA
A A A
PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) Motors menghadirkan wajah baru dan varian sport Mitsubishi Mirage. Menggodakah perubahan yang ada di city car tersebut?

Sejak diperkenalkan pada 2012, Mitsubishi Mirage tergolong laris untuk sebuah mobil kecil tanpa ekor. Hingga kini populasi mobil tersebut mencapai 14.000 unit. Nah, dari angka tersebut Mitsubishi merasa mobil tersebut dibawa pulang oleh keluarga muda dan kaum eksekutif muda yang juga sudah berkeluarga.

“Rata-rata keluarga muda tersebut memilih Mitsubishi Mirage karena irit,” ujar Duljatmono, Operating General Manager Marketing Division MMC PT KTB. Meski angka tersebut sudah cukup besar, Mitsubishi justru merasa ada segmen yang masih bisa dieksploitasi oleh Mitsubishi Mirage. Segmen tersebut adalah segmen anak-anak muda yang ingin tampil gaya. Namun, Mitsubishi tak ingin mengorbankan segmen keluarga muda yang sudah establish .

Mereka pun dengan cerdik menghadirkan wajah baru Mitsubishi Mirage lengkap dengan varian baru Mitsubishi Mirage Sport. Intinya, Mitsubishi Mirage wajah baru untuk keluarga muda dan Mitsubishi Mirage Sport untuk anakanak muda. Lalu, apa yang baru dari Mitsubishi Mirage 2015? Perubahan desain memang tidak dominan.

Desainnya masih menggunakan desain yang pertama kali muncul di ajang Tokyo Motor Show 2011 . Hanya, ada beberapa perbaikan yang bisa dibilang cukup baik. Pertama, ukuran ban yang semula 14 inci kini menjadi 15 inci. Ini membuat mobil terasa lebih matang dan modern ketimbang model terdahulu. Bentuk elegan juga dilakukan dengan mengubah bentuk antena yang semula berukuran panjang kini menjadi lebih pendek.

“Letaknya juga ditaruh di belakang agar terlihat lebih modern,” ujar Imam Choeru Cahya, Head of Passenger Car Sales Department PT KTB. Sisi modern juga diperlihatkan dengan pemasangan kaca spion yang sudah bisa dilipat otomatis. Seperti city car modern, kaca spion sudah digabungkan dengan lampu sein.

Beberapa perubahan juga dilakukan di bagian interior. Sekali lagi memang tidak begitu dominan, tapi cukup membantu pengemudi nyaman dan aman selama di dalam mobil. Misalnya pemasangan airbag ganda yang kini ada di semua tipe Exceed, Sport, GLS, dan GLX. Satu lagi yang menarik, yaitu penggunaan sabuk pengaman tiga titik yang sudah pretensioner ganda.

Sabuk pengaman ini akan cepat menyesuaikan kekencangan dengan posisi pengemudi yang senantiasa berubah. Sisanya, perubahan di interior lebih seperti gimmick, misalnya penambahan aksen krom di center panel , ruangan penyimpang di bawah steering wheel, dan lampu kecil yang ada di bagasi. Penambahan-penambahan ini memang terasa kurang wah, hanya cukup membantu pengemudi dalam memanfaatkan ruang yang ada di Mitsubishi Mirage.

Sekarang, apa perbedaannya dengan Mitsubishi Mirage Sport? Kurang lebih Mitsubishi Mirage Sport adalah Mitsubishi Mirage baru bertipe GLS yang diberikan jubah sport. Jika tipe GLS baru dibanderol Rp163,5 juta, Mitsubishi Mirage Sport ada di angka Rp170 juta. Jadi, penambahan jubah baru itu memakan biaya Rp6,5 juta. Jika dihitung dari angka ekonomis, Rp6,5 juta sepertinya masuk akal dengan harga jubah yang diberikan oleh Mitsubishi.

Jubah baru itu berupa front body kit dan bumper yang tampil serbahitam. Front body kit ini berhasil membuat wajah depan Mitsubishi Mirage sekilas mirip dengan Mitsubishi Outlander Sport. Bagian depan ini pun makin ciamik karena dipadukan dengan daytime running light (DRL) yang ada di samping lampu kabut. Sisanya, yakni body kit sport yang biasa ditemukan di mobilmobil bergenre sport.

Itu juga ditambah cutting muffler yang membuat bagian buritan mobil ini terasa menarik. Pentingkah perubahan ini buat anak-anak muda? Psikolog Jean Twenge dalam salah satu laporannya bertajuk American Freshman Survey mengatakan, anak-anak muda saat ini berada dalam tahap narsistik yang tinggi. Salah satu bentuk kenarsisan itu adalah memiliki barang-barang termasuk mobil yang merepresentasikan kenarsisan mereka.

Nah, Mitsubishi Mirage Sport sepertinya cocok untuk narsis. Memang mobil ini tidak mengubah jantung mesin agar lebih kuat lagi. Toh, jualan utama Mitsubishi Mirage sendiri tetap adalah mesin MIVEC DOHC yang terbukti sangat irit.

Wahyu sibarani
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5134 seconds (0.1#10.140)