Pola Tidur Pengaruhi Kualitas Kesehatan Lansia

Jum'at, 23 Januari 2015 - 06:07 WIB
Pola Tidur Pengaruhi Kualitas Kesehatan Lansia
Pola Tidur Pengaruhi Kualitas Kesehatan Lansia
A A A
DEPOK - Banyak lansia umumnya memiliki multiple disease atau memiliki banyak penyakit yang dibawanya seiring menurunnya fungsi tubuh. Namun hal itu rupanya berkorelasi erat dengan pola tidur lansia.

Semakin buruk pola tidur lansia, maka semakin banyak penyakit yang ia derita. Rantai penyakit ini yang seharusnya diputuskan.

"Sekarang ini yang ada hanya memberikan intervensi dengan farmakologi dan nonfarmakologi pada
penyakitnya. Tetapi enggak tuntas," kata Doktor Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Joni Haryanto di Kampus UI, Depok.

Menurutnya, jika pola tidur lansia diperbaiki maka penyakitnya akan menurun. Karena itu, ia membuat sebuah model keperawatan sugesti pola tidur lansia.

"Kita dapatkan model ini kita lakukan pada lansia 60 tahun ke atas sampai 80 tahun, dimana mereka menderita insomnia dan juga hipertensi, kita lihat kualitas kuantitas dan juga status kesehatan dan tekanan darahnya," paparnya.

Setelah dilakukan model ini, lanjut dia, kualitas tidur lansia semakin baik, namun kuantitas tidur tetap tidak berbeda sebelum dan sesudah.

"Mengapa demikian karena memang lansia sudah terjadi penurunan jumlah tidur. Tetapi yang dipentingkan adalah kualitas tidur, maka dari itu model ini sangat bagus untuk meningkatkan kualitas tidur," jelasnya.

Meningkatkan kualitas tidur lansia, rupanya berpengaruh positif pada status kesehatan lansia. Tekanan darah mereka yang mengalami hipertensi menjadi turun.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7185 seconds (0.1#10.140)