Pesona Gumpalan Es Beku di Jilin, Cina

Jum'at, 23 Januari 2015 - 12:04 WIB
Pesona Gumpalan Es Beku di Jilin, Cina
Pesona Gumpalan Es Beku di Jilin, Cina
A A A
CINA - Negera Cina ini memang menjadi salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Alasan Cina menjadi tempat yang menarik, karena keunikan musim dingin yang sedang terjadi di Cina bagian Timur Laut dengan pesona alam menggoda untuk dikunjungi.

Gumpalan salju dan patung es yang berada di wilayah Timur Laut China ini dijadikan sebuah festival yang telah dipublikasikan di wilayah Harbin. Namun, festival tersebut hanya akan mempesona sesaat, sebab wilayah Jilin, yang terletak pada 200 kilometer dari kota ini memiliki tontonan keindahan alam yang menampilkan gumpalan es di wilayah tersebut.

Mengutip BBC, akhir November sampai awal Maret 2015 kristal es yang berwana putih menyilaukan ini membentuk sebuah pohon-pohon di sepanjang kota Sungai Songhua. Keindahan alam es tersebut membentuk sebuah pohon dengan diselimuti gula yang berbentuk kristal. Namun fenomena ini hanya terbentuk ketika kabut membeku.

Ketika membentuk kabut dengan suhu dibawah 0 derajat celcius menampilkan tetesan air super dingin yang tetap cair, meskipun suhu dibawah titik beku. Akan tetapi, tetesan es yang mencair itu membentuk sebuah cabang pohon dan membeku seketika. Lantaran terbentuknya butiran es kecil yang tumbuh menjadi bentuk putih berbulu biasa dikenal sebagai rime.

Untuk rime yang terjadi, perlu ada kombinasi iklim dingin, kelembaban udara yang cukup dan langit cerah di atas kepala. Biasanya hal ini terjadi di pedalaman benua besar, di lembah sungai yang dilindungi atau di lereng gunung dengan diselimuti kabut.

Meskipun suhu udara terkadang dibawah -32 derajat celsius, adanya daerah sungai dengan bendungan tenaga air yang mengalir, namun wilayah Jilin yang terletak di Cina ini mengalami fenomena setiap tahun dari pertengahan Desember-Februari yang biasa diberi nama Jilin International Rime Es dan Salju Festival.

Dalam festival ini juga menyediakan ice skating dan ski kompetisi, pameran fotografi dan bahkan kompetisi puisi rime terinspirasi. Panorama keindahan Rime yang menjadi pesona alam utama ini kemungkinan besar muncul pada bulan Januari, namun belum menjamin bisa terlihat.

Bahkan pada bulan Januari, rime hanya terwujud selama rata-rata 4-9 hari. Pemandangan alam ini terletak dilintang 44 derajat utara dan beberapa 350 km yang terletak di pedalaman wilayah Jilin.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7925 seconds (0.1#10.140)
pixels