Pilih Perusahaan Besar Atau Startup?

Sabtu, 31 Januari 2015 - 09:41 WIB
Pilih Perusahaan Besar Atau Startup?
Pilih Perusahaan Besar Atau Startup?
A A A
Apakah Anda lebih cocok bekerja di perusahaan besar yang sudah mapan atau perusahaan startup yang kini mulai banyak bermunculan? Yang satu memiliki waktu kerja yang ketat, yang satu lebih fleksibel.

Anda mungkin sudah banyak mengetahui perbedaan antara perusahaan besar dan perusahaan startup . Perusahaan startup yang sejak era teknologi internet banyak bermunculan, memang memikat banyak orang, utamanya anak-anak muda yang hidupnya dekat dengan teknologi terkini.

Meski begitu, masing-masing perusahaan ini punya kelebihan dan kekurangan. Perusahaan besar kerap memiliki waktu kerja yang telah ditentukan, sedangkan perusahaan startup lebih fleksibel. Perusahaan besar menawarkan berbagai keuntungan, sedangkan perusahaan startup menawarkan makanan dan jalan-jalan gratis. Namun, yang jarang dibahas adalah perusahaan yang mana yang baik untuk perkembangan karier Anda?

Apakah perusahaan besar atau startup ? Perusahaan baru memang menawarkan jadwal kerja yang lebih fleksibel, namun apakah perusahaan tersebut dapat memberikan bekal agar Anda bisa menjadi manajer senior suatu hari nanti? Mungkin perusahaan besar adalah tempat yang paling baik untuk mendapatkan pelatihan kerja, tapi apakah perusahaan tersebut akan melatih kemampuan berpikir kreatif yang dibutuhkan untuk membangun usaha sendiri dalam beberapa tahun ke depan?

Berikut pertanyaan yang dapat membantu Anda memutuskan perusahaan mana yang terbaik untuk karier Anda, baik sekarang maupun pada masa mendatang. Tentu, tips ini juga berlaku dalam memilih perusahaan yang sudah mapan atau perusahaan yang baru dibentuk dalam bidang apa pun.

Apakah Anda sudah mengetahui karier impian atau masih dalam proses memutuskan?

Ketika bekerja di perusahaan startup , kita akan memegang banyak peran, mulai dari mengelola pegawai, membuat tahap-tahap pelatihan, membuat brosur, menjawab telepon, hingga mewawancarai pelamar kerja. Jumlah tenaga kerja yang sedikit, membuat kita diharapkan loyal terhadap perusahaan.

Keadaan ini sangat baik untuk orang yang belum mengetahui karier impiannya dalam jangka panjang sehingga ketika Anda berpindah ke perusahaan besar, Anda dapat lebih mengetahui posisi dan bidang yang cocok. Sementara perusahaan besar cenderung menawarkan peran yang lebih fokus, contohnya jika Anda manajer,

pekerjaan Anda akan terfokus pada pengelolaan saja sehingga sangat baik untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan, bagi Anda yang telah mengetahui bidang yang diinginkan. Jadi, perusahaan startup sangat baik bagi Anda yang masih ingin mencari tahu karier impian karena memberikan kesempatan untuk mengasah kemampuan dalam berbagai bidang dan posisi. Hal itu dapat menjadi bekal bagi Anda untuk melanjutkan posisi yang diinginkan dengan lebih fokus.

Apa jenis sumber yang diperlukan untuk mencapai tujuan?

Karena pengalaman yang belum banyak, mentoring dalam perusahaan startup masih lebih mengandalkan buku manual dibandingkan arahan dari atasan. Berbeda dengan perusahaan besar yang memiliki pegawai berpengetahuan luas, atasan yang memiliki segudang pengalaman, dan berbagai panduan langsung dari atasan ataupun dari buku manual. Inilah hal yang dapat menimbulkan perbedaan besar; apakah yang Anda butuhkan untuk sukses?

Jika Anda seorang yang suka mengambil risiko, berinisiatif, suka mencoba, dan belajar dari kesalahan, mungkin Anda tidak membutuhkan perusahaan besar untuk mencapai tujuan. Namun, jika Anda seseorang yang membutuhkan arahan jelas mengenai pengembangan pengetahuan dan pengalaman, perusahaan besar akan sangat membantu Anda untuk mencapai tujuan.

Seberapa luas daya pengaruh yang Anda inginkan dan seberapa cepat?

Secara umum, Anda memiliki daya pengaruh yang kurang luas dalam perusahaan besar dibandingkan perusahaan startup dan dibutuhkan waktu relatif lebih lama untuk mampu memperluas daya pengaruh ini. Sementara di perusahaan baru Anda cenderung memiliki daya pengaruh lebih kuat untuk mengarahkan jalannya perusahaan, memiliki kesempatan untuk menyuarakan pendapat, serta didengarkan.

Situasi lingkungan seperti apa yang membantu Anda untuk sukses?

Anda harus mempertimbangkan faktor apa yang cocok dan dapat mendukung Anda untuk mencapai tujuan. Tanyakan kepada diri Anda, apakah Anda seorang yang akan maju dengan lingkungan yang menggali ide-ide kreatif dan berbeda dari yang lain atau seseorang yang berpikir secara terstruktur?

Jika Anda merasa lebih dapat maju dengan lingkungan yang menggali ide-ide kreatif, perusahaan startup solusinya. Namun jika Anda seseorang yang menyukai hal-hal yang terstruktur, perusahaan besar menjadi pilihan yang tepat. Pertimbangan mengenai perusahaan besar atau perusahaan baru yang lebih baik tidak dapat ditentukan secara generalisasi, melainkan pertimbangan tersebut bergantung pada karakter pribadi dan cara bekerja Anda.

Claudia carla/the muse
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5253 seconds (0.1#10.140)