Mulut Bersih dan Sehat

Rabu, 04 Februari 2015 - 12:11 WIB
Mulut Bersih dan Sehat
Mulut Bersih dan Sehat
A A A
MULUT merupakan “gerbang” pertama masuknya segala jenis makanan, bakteri, dan virus ke dalam tubuh. Untuk itu, kebersihan rongga mulut harus selalu dijaga.

Lebih dari 250 jenis bakteri terdapat di dalam rongga mulut. Pembentukan sekumpulan bakteri diawali dari terbentuknya lapisan tipis biofilm yang terdiri atas lapisan anorganik dan protein organik, karbohidrat dan bakteri anaerob. Semakin ke atas, bakteri aerob ikut menempel sehingga banyak bakteri pada lapisan tipis tersebut.

“Kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula, asam, kafein, bertekstur keras, atau ekstrem panas dan dingin secara rutin, tanpa diiringi oleh perawatan yang baik dapat menyebabkan permasalahan, seperti gigi berlubang, karies, plak, dan gigi yang berubah warna (stained teeth ),” tutur Prof Dr drg Melanie Sadono Djamil MBiomed, Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), pada peluncuran produk terbaru Listerine di Locanda Jakarta, Kamis (29/1).

Studi yang dilakukan oleh Listerine menyimpulkan, 89% responden mengetahui beberapa jenis makanan dan minuman berdampak buruk terhadap kesehatan gigi dan mulut. Namun, sebagian besar dari mereka belum memiliki kebiasaan rutin membersihkan gigi dan mulut yang tepat. Studi ini melibatkan sekitar 947 responden yang mayoritas berdomisili di beberapa kota besar di Indonesia. Beberapa jenis makanan atau minuman yang dimaksud sering dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, bila tidak disertai dengan kebiasaan perawatan gigi dan mulut yang tepat, dapat berdampak buruk.

“Kami mencermati bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki gaya hidup yang suka menikmati aneka makanan dan minuman dengan berbagai kekayaan kuliner Indonesia, namun belum diiringi dengan pengetahuan dan kebiasaan akan perawatan gigi dan mulut yang baik. Kami mengajak konsumen untuk lebih peduli kesehatan gigi dan mulut sehingga dapat terus menikmati makanan tersebut tanpa ragu-ragu,” tutur Olavina Harahap, Senior Brand Manager PT Johnson & Johnson.

Mayoritas responden hanya menyikat gigi dua kali sehari sebagai perawatan oral mereka, sedangkan hanya 46% responden yang sudah memiliki kebiasaan rutin kumur dengan mouthwash , dan hanya 42% yang sudah rutin ke dokter gigi secara berkala. Sementara berdasarkan Riset Kesehatan dasar DinKes RI 2007, 7 dari 10 orang Indonesia menderita gigi berlubang. Sekitar 45% responden pun menyatakan, mereka memiliki problem plak dan beberapa masalah gigi dan mulut lainnya.

Suatu kelainan yang dapat timbul karena perawatan rongga mulut yang tidak benar adalah timbulnya bau mulut yang khas pada penderita. Namun, bau mulut itu dapat dikarenakan sisa makanan yang terfermentasi oleh bakteri dan menghasilkan komponen S (sulfur), yang mempunyai ciri bau yang tidak sedap, yang disebut dengan halitosis.

Dokter Melanie menjelaskan, pada dasarnya kebersihan rongga mulut dapat dijaga dengan menyikat gigi dua kali sehari pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Menyikat gigi harus dengan gerakan yang tepat, yaitu dengan gerakan seperti mencungkil, arah gusi ke gigi, baik untuk gigi atas maupun bawah serta semua permukaan gigi dibersihkan. Kemudian diakhiri dengan gerakan memutar untuk menjaga peredaran darah sekitar gusi tetap baik. Sikat gigi 15-20 detik setelah makan dapat memberikan kesempatan enzim pencernaan tahap awal bekerja.

“Selain menyikat gigi dengan benar, penggunaan obat kumur pun juga penting. Pilihlah jenis obat kumur yang tergolong daily antiseptic mouthwash (obat kumur antiseptik untuk pemakaian sehari- hari) setelah menyikat gigi dua kali sehari untuk menuntaskan proses pembersihan, baik di sela-sela gigi dan mukosa rongga mulut maupun lidah.

Pastikan juga obat kumur (mouthwash ) yang dipilih memiliki bukti penelitian klinis yang kandungan zat aktifnya terbukti efektif membunuh mikroorganisme aerob dan anaerob yang bersembunyi di bawah biofilm,” tutup Dokter Melanie.

Dwi nur ratnaningsih
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5580 seconds (0.1#10.140)