Cara Menyikat Gigi yang Benar

Kamis, 05 Februari 2015 - 06:05 WIB
Cara Menyikat Gigi yang Benar
Cara Menyikat Gigi yang Benar
A A A
JAKARTA - Menjaga kebersihan rongga mulut adalah sebuah kewajiban. Selain itu, kebersihan tubuh tercermin dari kebersihan rongga mulutnya.

Apalagi rongga mulut adalah merupakan gerbang pertama masuknya segala jenis makanan sampai bakteri maupun virus ke dalam tubuh. Lebih dari 250 jenis bakteri terdapat di dalam rongga mulut.

Jika bakteri tersebut dibiarkan tanpa diikuti kebiasaan sehat, maka kelainan rongga mulut yang dapat timbul terjadi. Kelainan rongga mulut akan menimbulkan karies gigi, gusi berdarah, kerusakan jaringan penyangga gigi sampai yang lebih dalam lagi mengenai organ vital seperti jantung, hati, ginjal maupun paru pun bisa menyertainya.

Oleh karenanya menyikat gigi yang benar dapat menjaga kebersihan rongga mulut dan dapat mencegah kelainan rongga mulut. Berikut cara menyikat gigi secara benar yang disarankan oleh Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang PB PDGI Prof Dr.drg. Melanie Sadono Djamil :

1. Sikat gigi 2 kali sehari
Jaga kebersihan rongga mulut dengan menyikat gigi dua kali sehari dengan waktu untuk pagi hari setelah sarapan pagi dan malam hari sebelum tidur.

2. Menyikat Gigi dengan gerakan menyungkil
Menyikat Gigi dengan gerakan yang tepat seperti menyungkil, arah gusi ke gigi baik untuk gigi atas maupun bawah, serta semua permukaan gigi dibersihkan. Gerakan tersebut diakhiri dengan gerakan memutar agar menjaga pendaharan darah sekitar gusi tetap baik.

3. Gunakan sikat gigi dengan bulu halus
Menyikat gigi yang baik juga harus ditopang dengan sikat gigi yang lembut dan tidak berbahaya bagi gigi. Sebab hal itu dapat memudahkan saat menyikat gigi. Selain, sikat lembut dengan bulu yang halus, sikat gigi harus masih dalam keadaan baik dan layak dipakai.

4. Menyikat Gigi selama 15-20 detik
Agar dapat menyikat gigi dengan yang baik dengan membuahkan hasil yang sempurna, sikatlah gigi selama 1-20 detik. Selain itu, sikatlah gigi setelah makan, agar memberikan kesempatan enzim pencernaan tahap awal bekerja.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5008 seconds (0.1#10.140)