4 Langkah untuk Cegah Kulit Berminyak

Senin, 09 Februari 2015 - 15:53 WIB
4 Langkah untuk Cegah Kulit Berminyak
4 Langkah untuk Cegah Kulit Berminyak
A A A
KULIT berminyak disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang terlalu aktif. Kelenjar ini menghasilkan zat kimia bernama sebum, yang merupakan pelumas kulit sehat alami. Ketika kulit menghasilkan sebum yang berlebihan, maka teksturnya akan menjadi berat dan tebal.

Terlebih, kulit berminyak rentan terhadap penyumbatan pori, komedo dan menumpuknya sel kulit mati di permukaan kulit. Kulit jenis ini terkadang juga terlihat pucat dan kasar teksturnya. Dia cenderung memiliki pori-pori besar yang terlihat jelas dimana-mana, kecuali di sekitar mata dan leher.

Oleh karenanya, punya kulit berminyak kadang dianggap merepotkan bagi sebagian besar orang. Kulit jenis ini dianggap sering merepotkan karena sifatnya yang mengkilap, mudah bernoda dan berjerawat.

Mengutip Times of India, berikut 4 langkah untuk mencegah kulit berminyak :

1. Jangan Mencuci Muka Terlalu Sering
Mengurangi membersihkan muka terdengar bertentangan, tetapi jika mencuci muka terlalu sering, maka akan menghasilkan minyak alami untuk menjadikan kulit nampak kering. Sebaliknya, mencuci wajah dua kali sehari yakni di pagi atau sore hari adalah solusi yang lebih tepat.

2. Manfaatkan Extra Ketimun
Ketimun atau biasa disebut mentimun kayak kandungan vitamin A dan E serta magnesium yang bagus untuk mengurangi kulit berminyak. Selain itu, mentimun yang didinginkan di lemari es dan dipakai di wajah dapat mengekang produksi minyak berlebih dari kulit.

3. Jus Lemon
Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, jus lemon ternyata sangat bagus untuk kesehatan kulit. Terlebih kandungan astringent di Lemon dapat menyerap minyak berlebih dari kulit. Selain itu, jus lemon sangat bagus untuk mengurangi noda hitam pada wajah.

4. Hindari Pembersih Muka Berbahan Kimia
Pembersih muka dengan berbahan kimia sering membuat kulit tampak kering. Hal itu dapat menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak minyak. Gunakanlah pembersih muka dari bahan-bahan alami, yang mencegah kulit kering dan berminyak.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7614 seconds (0.1#10.140)