Bingung Android dan Vandroid

Selasa, 10 Februari 2015 - 11:13 WIB
Bingung Android dan Vandroid
Bingung Android dan Vandroid
A A A
Pak Herry, saya punya anggaran Rp2 juta dan akan membeli gadget Android. Saya tertarik dengan merek Advan. Tipe apakah yang bagus? Mohon advisnya. Satu lagi. Apakah perbedaan antara Android dan Vandroid? Saya masih bingung. Tolong dijelaskan. Suyitno, suyitno***@yahoo.com

Pak Suyitno, saya menjawab pertanyaan Anda yang kedua dulu ya. Android itu nama sistem operasi. Sama seperti Windows Phone, BlackBerry 10, atau zaman dulu Symbian. Sedangkan Vandroid adalah seri gawai atau gadget yang ditawarkan Advan. Vandroid biasanya menggunakan sistem operasi Android.

Singkatnya, Vandroid adalah gawai Android bermerek Advan. Sudah jelas? Dengan anggaran Rp2 juta, saya cenderung menyarankan Anda melupakan Advan. Lebih bijak kalau Anda membeli gawai Android bermerek global. Harga gawai merek global kini sudah semakin terjangkau kok. Di email, Anda tak menyebutkan ingin membeli ponsel atau tablet Android. Bila Anda berencana membeli ponsel, dengan dana yang tersedia, silakan melirik Acer Liquid Z500 atau Xiaomi Redmi 1S.

Harga pasaran Liquid Z500 Rp1,9 juta sampai Rp1,999 juta. Redmi 1S lebih murah. Saat ini pemilik toko biasanya menawarkannya Rp1,75 juta. Kalau Anda ingin membeli tablet Android, ada dua tipe tablet yang boleh dipertimbangkan. Pertama, HP 7 Voice Tab atau sering disebut HP Bali. Harga barunya sekarang Rp1,399 juta. Jangan keliru dengan HP Slate 7 VoiceTab ya. Itu dua tipe yang berbeda.

Meskipun di toko ponsel harga HP 7 Voice Tab seringkali lebih murah Rp24 ribu, kali ini saya justru menyarankan Anda mencarinya di Carrefour dulu. Sebab, tablet itu sering dipromosikan di Carrefour. Dengan mengeluarkan dana Rp1,399 juta Anda akan memperoleh tablet plus bonus pelindung layar, kartu microSD 8 GB, dan flip case. Bonus serupa belum tentu tersedia di toko ponsel biasa.

Padahal, tiga bonus itu mustahil dibeli dengan Rp24 ribu saja. Alternatif kedua adalah Acer Iconia Tab 7. Kini harga barunya sekitar Rp1,45 juta. Sesekali saya lihat ada penjual yang mematok harga Rp1,5 juta. Ketika Anda berkeliling mencari dua macam tablet itu, amat mungkin ada penjual yang menyodorkan Asus Fonepad 7 FE170CG.

Di atas kertas spesifikasinya memang terlihat menarik. Namun, karena berbagai alasan, saya menyarankan Anda tidak membeli tablet tersebut.

Herry Setiadi Wibowo (HSW)
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3916 seconds (0.1#10.140)