Kecantikan Sejati CX-5

Kamis, 12 Februari 2015 - 09:12 WIB
Kecantikan Sejati CX-5
Kecantikan Sejati CX-5
A A A
Mazda CX-5 semakin menegaskan diri sebagai SUV medium dengan teknologi terkini. Perubahan apa saja yang terdapat di SUV andalan Mazda ini guna mengalahkan kompetitornya.

Saat para kompetitornya, seperti Honda CR-V dan All New Nissan XTrail, sudah berbenah, Mazda CX-5 memang tidak boleh terus berpangku tangan. Meskipun sempat mencuri perhatian karena teknologi dan mesin SKYACTIV yang mumpuni, Mazda CX- 5 mau tidak mau harus segera merespons tantangan Honda CR-V dan All New Nissan X-Trail.

Bekal untuk Mazda Motor Indonesia sebenarnya sudah ada karena Mazda sudah menampilkan versi facelift dari Mazda CX-5. Sekilas model terbaru ini memang tidak mengalami perubahan radikal. Desainnya masih tetap terasa sama dengan Mazda CX-5. Hanya ada sedikit perubahan di eksterior yang membuat mobil ini menjadi semakin sporty dan berkarakter.

Contohnya, perubahan elemenelemen detail seperti grille , lampu depan, dan model bumper depan. Perubahan paling mudah ditemukan, yakni di grille depan baru yang kini memiliki garis-garis tebal berwarna hitam dan lampu depan yang didesain seperti Mazda 2 yang memiliki LED melingkar dan sebuah projection headlamp.

Bumper depan juga mendapatkan perubahan ringan dari segi desain dan rumah foglamp yang kini memiliki 2 buah tarikan garis mengikuti desain grille depan. Hal lainnya yang berubah pada Mazda CX-5 baru, yakni bentuk velg yang lebih elegan dengan ukuran 19 inci. Mazda juga menambahkan dua warna cat baru di mobil ini, yakni sonic silver metallic dan titanium flash, yang hadir juga pada Mazda CX-3. Perubahan halus juga terjadi di sektor interior.

Memang masih sama persis dengan desain interior yang ada di Mazda CX-5 lama. Hanya dari segi incar entertainment, semuanya jadi lebih baik karena kini terpasang layar touchscreen dengan fitur MZD connect. Keberadaan fitur ini memang sama dengan yang ada di Mazda2 SKYACTIV. Jadi, seakan-akan Mazda tinggal memindahkan in-car entertainment Mazda2 SKYACTIV ke dalam Mazda CX-5 facelift.

Hanya dibuat lebih baik lagi penataannya. Misalnya layar touchscreen MZD connect yang kini dipadukan dengan slot CD. Hal ini unik karena di beberapa mobil Mazda yang baru seperti Mazda2 SKYACTIV dan Mazda6 facelift, tidak ditemukan hal seperti itu. Keajaiban lain yang ada di Mazda2 dan Mazda6 baru juga disematkan di mobil ini. Misalnya pemasangan mode sport dan rem tangan elektronis.

Untuk urusan mesin, Mazda masih mengandalkan 2 buah mesin SKYACTIV yang terdiri atas mesin berkapasitas 2.000 cc dan 2.500 cc yang masing-masing bertenaga 155 daya kuda dan 184 daya kuda. Tenaga ini cukup mumpuni, apalagi digabungkan dengan teknologi SKYACTIV G yang membuat mobil ini selalu prima.

Dari sisi teknologi, Mazda juga memberikan beberapa teknologi tambahan untuk mempermudah pengendaraan dan memberikan keamanan lebih. Contohnya Mazda kini memberikan Mazda radar cruise control (MRCC) yang akan menyesuaikan kecepatan kendaraan dengan mobil di depan dan tentu saja smart brake support (SBS) dan rear cross traffic alert.

Beberapa teknologi ini semakin menambahkan kecanggihan teknologi mobil ini. Sebelumnya, mobil ini juga sudah punya teknologi adaptive front-lighting system (AFS) dan high beam control (HBC). Namun, memang teknologi ini terkesan kasatmata dan sering dianggap remeh. Masih banyak konsumen yang lebih tertarik dengan teknologi yang bisa dilihat dengan mata telanjang.

Contohnya membuka bagasi mobil tanpa sentuhan yang kini ada di All New Nissan X-Trail dan Honda CR-V baru. Hingga kecanggihan sistem parkir yang bisa memberikan pandangan 360 derajat. Padahal, setiap hari Anda mengendarai mobil yang membutuhkan sebuah proteksi yang tidak hanya bersifat waktu tertentu. Inilah mengapa kecanggihan teknologi yang dimiliki Mazda CX-5 justru sejalan dengan ungkapan true beauty lies deep within.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6744 seconds (0.1#10.140)