Bikin Mini Jadi Maksi

Kamis, 12 Februari 2015 - 09:13 WIB
Bikin Mini Jadi Maksi
Bikin Mini Jadi Maksi
A A A
Mini 2015 dilengkapi denganteknologi MINI Connected yang mampu membuat fungsi MINI lebih dari sekadar moda transportasi. Fitur ini membuat mobilmobil MINI terasa jadi maksi.

“Pernahkah Anda merasa, stasiunstasiun radio di Jakarta terdengar monoton?” tanya Arifin Makaminan, Training Manager BMW Group, kepada rombongan wartawan yang mengikuti Media Workshop MINI Connected di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis (5/2). “Bagaimana jika Anda ingin mendengarkan stasiun radio dari negara lain. Misalnya stasiun radio di Inggris atau Islandia? Semua itu mungkin saja di MINI,” sambungnya.

Arifin pun langsung mempraktikkannya dengan memainkan iPhone miliknya yang sudah terkoneksi dengan mobil MINI Cooper S 2015 berwarna biru. Di dalam ponsel pintar berlogo buah apel tersebut sudah terdapat aplikasi yang dinamakan MINI Connected . Setelah ponsel tersebut terhubung dengan display mobil, Arifin pun memainkan jari-jarinya di atas control pad bernama MINI Controller yang ada di belakang tuas transmisi.

Di display mobil dia pun mencari-cari menu Web Radio. Setelah ketemu dia langsung mengklik dan mencari stasiun radio pilihan yang ada di beberapa wilayah. Untuk percobaan, dia mencari radio yang ada di Islandia. Asal pilih saja, dia pun mengklik sebuah stasiun radio yang memiliki nama Gull Bylgjan. Tidak butuh waktu lama, dari speaker Harman Kardon yang ada di MINI Cooper S 2015 terdengar lagu-lagu yang sedikit asing didengar.

“Mengoneksi Web Radio ini tidak butuh perangkat koneksi lainnya. Cukup menggunakan paket data yang ada di ponsel pintar ini. Jadi, tidak ada pendaftaran jaringan tambahan yang harus dilakukan,” terangnya. Keajaiban MINI Connected tidak hanya berhenti di Web Radio, Jodie Otania, Head of Corporate Communications BMW Group Indonesia mengatakan, ada beberapa keajaiban lainnya dari MINI Connected.

Misalnya Mission Control, Driving Excitement, Dynamic Music, MINIMALISM Analyser, dan layanan media sosial seperti Facebook, Foursquare, dan Twitter. “Bahkan untuk mengakses berita bisa dilakukan dengan terlebih dulu menyimpan RSS Feed ke dalam ponsel pintar milik pengemudi,” kata Jodie. Beberapa keajaiban tersebut tidak selamanya membutuhkan jaringan internet.

Beberapa di antaranya adalah program yang memang sudah ada di MINI Connected, misalnya Mission Control, Driving Excitement, Dynamic Music, dan MINIMALISM ANalyser. Driving Excitement misalnya, merupakan program yang mengajak pengemudi untuk memaksimalkan potensi mobil MINI. Menurut Arifin, tidak ubahnya seperti telemetri yang ada di mobil-mobil Formula1.

Berbeda dengan Driving Excitement, MINIMALISM Analyser justru mengajak pengemudi MINI untuk meraih efisiensi bahan bakar yang baik. Tidak sekadar mengajak, fitur ini malah mengajarkan pengemudi bagaimana menginjak pedal gas dan rem agar lebih efisien. Ada juga fitur integrasi aplikasi Go Pro dengan MINI Connected. Dengan fitur kamera aksi ini, pengemudi bisa mengabadikan kegiatan mereka selama di mobil.

Tentu saja ketika mobil berjalan, meski tetap merekam, layar ini langsung hilang demi keamanan berkendara. Sementara Music Dynamic seperti sebuah soundtrack dalam mengendarai mobil. Musik ini bisa membaca mood pengemudi lewat gaya berkendaranya. Ketika mobil diajak berakselerasi dengan cepat, musiknya pun akan berubah dengan sangat dinamis.

“Bahkan ketika kita memindahkan sein ke kiri atau ke kanan, suara musiknya pun akan berpindah sesuai dengan arahan lampu sein. Jadi, benar- benar seperti soundtrack yang mengiringi kita saat berkendara,” ujar Jodie. Pengaplikasian MINI Connected sangat mudah tinggal mencolokkan ponsel iPhone atau Android yang memiliki aplikasi MINI Connected ke slot USB yang ada di MINI. Fitur ini menjadi sangat menarik karena menyediakan aplikasi yang memungkinkan pengemudi berkomunikasi ekstra dengan dunia luar, tanpa harus mengutak-atik ponsel mereka.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6146 seconds (0.1#10.140)