Yaris Super-Ceper

Kamis, 12 Februari 2015 - 09:26 WIB
Yaris Super-Ceper
Yaris Super-Ceper
A A A
Toyota Yaris milik Andika Rinaldi menjadi salah satu mobil yang paling menarik perhatian di Toyota Yaris Show Off (TYSO) 2015 karena bentuk modifikasinya yang luar biasa dan tingkat keceperannya yang bikin mata terbelalak.

Setiap kali melihat mobil All NewToyotaYaris EA/T2014 milik Andika Rinaldi, semua orang pasti terheran-heran. Gila ceper banget! Semua orang pasti berpikiran seperti itu. Bayangkan, jarak antara lip bumper Yaris dengan tanah hanya tersisa satu jari. Agar masuk akal, Andika Rinaldi memasang fitur yang bisa membantu mobil tersebut bisa berjalan layaknya mobil normal, yakni suspensi udara.

Fitur ini pun berhasil membuat mobil miliknya jadi yang paling beda di ajang TYSO 2015. Sebab cuma mobil miliknya yang menggunakan suspensi udara. Penggunaan suspensi udara pun semakin maksimal karena Andika memasang coilover. Alhasil ketinggian dan kekenyalan suspensi dapat disetel sesuai kebutuhan.

Handling mobil pun jadi lebih mantap berkat penggunaan coilover. Lalu di mana udara di suspensi tersebut disimpan? Andika Rinaldi menggunakan tabung alumunium sebesar 200 psi untuk penyimpanan udara. Tabung tersebut dihubungkan dengan kompresor Viair 200 psi. Jadi, mobil yang hampir rata dengan tanah tidak akan jadi masalah jika Anda memiliki solusinya.

Tampil ceper bukan satu-satunya jurus Andika Rinaldi untuk memikat mata. Dia juga mendandani mobil ini semaksimal mungkin. Konsep besarnya, Andika Rinaldi memilih gaya modifikasi street racing “Rocket Bunny”. Untuk pengerjaannya, dia bekerja sama dengan finalis Yaris Show Off 2015 lainnya, yakni Robby Tamaro dan bengkel Alterpro. Andika Rinaldi sendiri senang dengan mobil yang terlihat besar.

Inilah mengapa mereka memilih body kit yang lebar. Agar semakin keren, garis desainnya pun dibuat futuristik. Saking lebarnya, body kit tersebut hampir menutupi pelek Work Mesiter S1. Bagaimana interiornya? Di dalam kabin, warna putih dan ungu begitu mendominasi. Semua interior dilapis ulang oleh kulit sintetik MBtech, mulai dasbor, pilar A, plafon, setir, hingga jok depan yang juga sudah digantikan oleh Bride Ergo.

Sementara, headunit OEMYarisTRD Sportivo jadi pilihan utama. Namun, lebih ditingkatkan lagi fungsionalitasnya menjadi diagnostictool. Caranya menghubungkan headunit dengan OBDELM327sehingga Android milik Andika Rinal dibisa memantau kinerja mesin lewat gadget miliknya. Kenapa mesinnya perlu dipantau?

Ternyata Andika Rinaldi mengubah kapasitas mesin Toyota Yaris dengan memasang perangkat turbo. Berkat pemasangan Turbo Garret dengan boost 0,5 psi, tenaga yang dihasilkan mobil ini diklaim mencapai 177 daya kuda. Tentu saja ini terjadi bukan karena pemasangan turbo saja.

Untuk mencapai angka tersebut, mobil ini juga dipasang intercooler APEXi serta blow-off HKS. Filter udara tipe open air , Dastek Q4, i-Drive, serta sistem pembuangan custom yang ada di mobil inilah yang bisa mewujudkan angka tersebut. Tertarik menirunya?

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6939 seconds (0.1#10.140)