Belanja Suvenir di Mercato Nuovo

Jum'at, 13 Februari 2015 - 12:53 WIB
Belanja Suvenir di Mercato Nuovo
Belanja Suvenir di Mercato Nuovo
A A A
Jika Anda berkesempatan mengunjungi Florence, Italia, Mercato Nuovo adalah tempat yang paling tepat untuk membeli berbagai oleh-oleh khas kota Renaisans dengan harga yang terjangkau. Pasar ini selalu dipenuhi oleh wisatawan karena memiliki suasana yang menyenangkan untuk berbelanja.

Pasar yang dibangun pada abad ke-14 ini sengaja dinamakan Mercato Nuovo (pasar baru) untuk membedakannya dengan Mercato Vecchio (pasar lama). Mercato Vecchio adalah salah satu tempat bersejarah yang menjadi korban pembongkaran pemerintah Florence di sekitar Piazza della Repubblica.

Di dalam pasar yang berada di ruang semitertutup ini terdapat sejumlah kios yang menjual barang-barang mulai kain sutra, perhiasan emas, hingga berbagai suvenir wisata seperti kerajinan dari kulit, tas, dan t-shirt sebagai buah tangan khas Florence. Loggia di Mercato Nuovo dibangun antara 1547-1551 pada masa pemerintahan Grand Duke Cosimo I.

Desain ruangan berbentuk persegi panjang yang dihubungkan dengan lengkungan tinggi ini merupakan hasil karya Giovanni Battista del Tasso. Pada bagian-bagian tertentu sudut Loggia, terdapat patung-patung yang menggambarkan beberapa tokoh terkenal Kota Florence pada masa lalu. Warga Florence juga sering menyebut pasar ini sebagai Mercato del Porcellino atau Pasar Babi karena keberadaan sebuah patung babi liar yang terletak di sini.

Di tengah Loggia terdapat sebuah dekorasi dari marmer dengan simbol lingkaran di dalam lantainya. Hiasan ini dikenal sebagai Pietra dello Scandalo atau The Shame Stone. Tempat ini adalah lokasi di mana pada masa Renaisans silam, pedagang yang mengalami kebangkrutan akan dipermalukan di depan umum sebelum mereka dijebloskan ke dalam penjara atau diasingkan.

Lokasi yang paling populer dan menarik banyak wisatawan yang mengunjungi pasar ini adalah Fontana del Porcellino, sebuah air mancur kecil dari abad ke-17 dengan patung perunggu berbentuk babi hutan di atasnya. Mitos yang berkembang di tempat ini mengatakan, siapa pun yang menggosok moncong patung babi hutan itu, suatu hari akan kembali ke Kota Florence.

Sebelum menggosok moncong patung tersebut, kita terlebih dulu harus melemparkan koin ke dalam mulut babi. Koin yang dilemparkan para pengunjung ini kemudian didistribusikan kepada organisasi amal di Kota Florence. Anda bisa naik bus lokal (ATAF) berwarna oranye, ungu, dan putih sesuai dengan nomor perjalanan untuk menuju Mercato Nuovo.

Tiket untuk layanan bus lokal dapat dibeli di semua loket yang telah disediakan seharga 1,2 euro (2 euro jika membeli tiket di atas bus) untuk sekali perjalanan, atau tiket seharga 4,90 euro yang bisa digunakan untuk empat kali perjalanan.

Rendra hanggara
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6183 seconds (0.1#10.140)