Menyatukan TV, Internet dan Smartphone

Selasa, 17 Februari 2015 - 10:57 WIB
Menyatukan TV, Internet dan Smartphone
Menyatukan TV, Internet dan Smartphone
A A A
Pasar TV berbayar sekaligus layanan internet high speed broadband di Indonesia masih sangat menjanjikan. Hal itu disampaikan oleh CEO PT. Link Net Tbk-First Media Richard Kartawijaya.

”Masyarakat Indonesia adalah penonton televisi yang setia. Rata-rata waktu menonton setiap harinya adalah 4 jam. Di sisi lain, berselancar di internet telah menempatkan Indonesia sebagai negara kedua di Asia Tenggara dengan waktu online tertinggi,” paparnya. Oleh sebab itu, Richard menuturkan, dengan 50% populasi masyarakat berusia di bawah 30 tahun, peluang untuk melebur pengalaman ber-internet dan TV dalam sebuah perangkat hiburan di ruang keluarga terbuka lebar.

”Televisi bukan lagi satusatunya hiburan utama di masyarakat. Kini internet pun jadi hiburan utama,” paparnya. Hal itu membuat First Media menghadirkan layanan X1 yang menyatukan TV berbayar, internet berkecepatan tinggi, serta smartphone. Layanan itu memungkinkan pengguna menikmati layanan TV berbayar dan internet, serta smartphone secara bersamaan. Misalnya untuk bermain game smartphone di layar TV. Hal itu dimungkinkan melalui perangkat set-top box yang disebut Smart Box. Inilah yang disebut hiburan multimedia interaktif dua arah.

Channel-channel yang ada di TV, berselancar internet, serta mengakses aplikasi di smartphone kini disatukan dalam satu muara. Smart Box yang menggunakan sistem operasi Android ini memungkinkan pengguna mengunduh aplikasi dari Google Play. Misalnya aplikasi Google Chrome untuk browsing. X1 hadir dengan paket X1 Combo HD Packs yang dilengkapi berbagai pilihan kecepatan internet.

Selain itu ada pula fitur-fitur seperti PVR (Personal Video Recorder) untuk merekam acara favorit, Catch-Up TV, serta Video on Demand. Pelanggan First Media yang telah berlangganan paket sebelumnya dapat mudah berganti paket X1. Cukup menghubungi pihak First Media untuk mengganti set-top box lama dengan Smart Box X1.

”Kita akan terus menambah bandwith di Indonesia sehingga kami dapat menjadi yang terbaik dalam layanan TV berbayar dan internet,” tegas Richard.

Cahyandaru kuncorojati
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5969 seconds (0.1#10.140)
pixels