Hong Kong Lirik Industri Komponen Automotif Indonesia

Kamis, 19 Februari 2015 - 09:11 WIB
Hong Kong Lirik Industri Komponen Automotif Indonesia
Hong Kong Lirik Industri Komponen Automotif Indonesia
A A A
Meskipun Hong Kong bukan negara yang memiliki basis industri automotif, Margaret menilai masih ada peluang bisnis di sektor ini. Pasalnya, Hong Kong memiliki beragam industri komponen yang juga mendukung sektor automotif. “Hong Kong memang bukan negara yang memiliki basis industri automotif. Meskipun demikian, Hong Kong memiliki industri komponen yang mendukung sektor automotif,” ujar Margaret.

Margaret menambahkan, pihaknya tengah mempelajari prospek perdagangan di sektor automotif di Indonesia. “Jika kami melihat bisnis automotif Indonesia terus berkembang, kami akan mengundang para pelaku industri komponen Hong Kong ke Indonesia,” ungkapnya.

Saat ini hubungan perdagangan antara Hong Kong dan Indonesia memasuki era baru, setelah diresmikannya kantor HKTDC di Jakarta. Sejak 2010, HKTDC telah mengoperasikan kantor konsultan di Jakarta. Hadirnya kantor baru ini bertujuan untuk lebih mempromosikan perdagangan dan hubungan ekonomi antara kedua negara dan kawasan Asia Tenggara.

Dalam acara peresmian yang diadakan di Hotel Indonesia Kempinski, Direktur Eksekutif HKTDC Margaret Fong mengatakan, ini adalah peristiwa yang menandai awal era baru dalam hubungan perdagangan antara Hong Kong dan Indonesia. “Dengan fasilitas lengkap, kantor HKTDC Jakarta dikelola oleh sumber daya berkualitas tinggi dari Indonesia dan Hong Kong.

Ke depannya HKTDC akan memberikan layanan yang lebih baik dan komprehensif dalam menghubungkan perusahaan dari kedua negara dalam mencari peluang baru,” ujar Margaret. “HKTDC Jakarta merupakan salah satu dari 40 kantor global HKTDC yang didedikasikan untuk mempromosikan perdagangan dan peluang investasi bagi bisnis Hong Kong di seluruh dunia.

Perwakilan HKTDC di Jakarta ini juga akan menjadi basis bagi dewan promosi regional di kawasan ASEAN,” ujar Margaret Fong. Nilai transaksi perdagangan antara Hong Kong dan Indonesia pada 2014 mencapai USD5,13 miliar, meningkat 1,7% dibandingkan tahun sebelumnya.

Total ekspor Hong Kong ke Indonesia pada 2014 bernilai USD2,61 miliar, meningkat 4,7% dibandingkan 2013. Total impor Hong Kong dari Indonesia mencapai USD2,52 miliar tahun lalu.

Wahyu sibarani
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4721 seconds (0.1#10.140)