Ayu Laksmi Luncurkan Album Kedua Bernuansa Bali

Jum'at, 20 Februari 2015 - 14:47 WIB
Ayu Laksmi Luncurkan Album Kedua Bernuansa Bali
Ayu Laksmi Luncurkan Album Kedua Bernuansa Bali
A A A
JAKARTA - Setelah lama menghilang, penyanyi asal Pulau Dewata Ayu Laksmi kembali muncul dengan album keduanya yang bertajuk Svara Semesta 2. Tembang-tembang bernuansa Bali dalam album ini seolah membayar kerinduan penggemarnya.

Di album itu, ada tujuh lagu dalam tujuh bahasa. Bahasa yang dipakai adalah Bahasa Indonesia, Inggris, Bali, Minang, Latin, dan Jawa Kuno. Perpaduan musik, lagu dan harmoni alam dalam album ini juga akan membawa penggemarnya seolah terbang ke negeri antah berantah. "Saya suka bahasa yang unik di telinga, tapi tentunya saya harus cari penerjemahnya," papar dia saat launching albumnya di Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia, Jakarta.

Lagu Btari Nini akan mengingatkan pendengarnya pada budaya nusantara yang memiliki tradisi pemujaan kepada Dewi Sri. Daima adalah sebuah syair yang mengisyaratkan kerinduan pada kekuatan ibu dari ranah Minang.

Sebagian besar album kedua ini, berkisah tentang penganggungan terhadap sosok yang tampak dan tak tampak. Apalagi, musikus Sawung Jabo juga menitipkan satu lagu berjudul Gumam Batin yang mengisahkan pengembaraan hidup yang dinamis. "Ini memang untuk menenangkan jiwa," ujar alumnus Fakultas Hukum Universitas Udayana itu.

Ayu mengaku sedikit kesulitan saat proses pembuatan album kedua itu, terutama ketika dia ingin membuat lagu yang terilhami lagu Minang karena tidak memahami bahasanya. Tapi, dia beruntung karena ada yang membantu menerjemahkannya. "Ayu Laksmi memiliki kesadaran yang tinggi bukan sekadar bernyanyi, tapi dia memilikinya," ujar musikus Didi AGP.‎

Dia menilai musik Ayu ini memiliki energi lain. "Sejuk dan penuh vibrasi," kata dia.

Ayu akan menampilkan lagu-lagu dalam album Svara Semesta 2 ini dalam sebuah show berjudul Live Theatrical Music Performance Ayu Laksmi-Svara Semesta: Love@Point yang akan digelar pada 21 Februari 2015 mendatang di Gedung Kesenian Jakarta.

Sebelumnya, Ayu telah meluncurkan album pertamanya, Svara Semesta 1, pada 2010.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5965 seconds (0.1#10.140)