7 Makanan Sehat dan Bermanfaat

Selasa, 24 Februari 2015 - 10:03 WIB
7 Makanan Sehat dan Bermanfaat
7 Makanan Sehat dan Bermanfaat
A A A
Konsumsi makanan sehat dan alami dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan kondisi daripada mengonsumsi obat-obat modern.

Berikut jenis makanan bermanfaat bagi kesehatan tubuh yang dikutip dari Daily Mail .

¦ Alpukat

Berdasarkan penelitian terbaru, mengonsumsi alpukat dalam sehari dapat membantu untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Sementara yang diketahui banyak orang, alpukat mengandung kadar lemak yang tinggi. Padahal, sebagian besar kandungan lemak dalam alpukat mengandung mono-unsaturated atau lemak “baik”. Ternyata telah ditemukan bahwa lemak ini berfungsi untuk membantu menurunkan kolesterol, mengurangi risiko stroke dan serangan jantung, serta meningkatkan kesehatan jantung secara umum. Penelitian yang membahas tentang alpukat ini telah dipublikasikan oleh American Heart Association.

¦ Minyak ikan

Bahan makan yang satu ini bermanfaat untuk penderita rheumatoid arthritis. Masalah rheumatoid arthritis dapat diatasi dengan mengonsumsi minyak ikan setiap minggu. Temuan ini berdasarkan pada penelitian tentang Annals of Rheumatoid Diseases. Penelitian ini mengamati kesehatan dan kebiasaan makan pada wanita di atas 15 tahun. Hasilnya, ditemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi setidaknya satu takar minyak ikan dalam seminggu dapat mengurangi risiko arthritis sekitar 52% daripada mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

¦ Ubi bit merah

Makanan ini berkhasiat bagi penderita tekanan darah tinggi. Percobaan yang telah dilakukan, yaitu dengan meminum jus ubi bit merah dalam sehari dapat mengurangi tekanan darah. Penelitian ini pernah dilakukan oleh University of London yang didanai oleh British Heart Foundation. Hasilnya, kandungan nitrat yang tinggi dalam segelas jus ubi bit merah dapat membantu membuat tubuh lebih rileks dan melancarkan pembuluh darah sehingga dapat mengurangi tekanan darah bagi penderita hipertensi. Ubi bit merah ini mengandung banyak nutrisi dan mineral, seperti folat, mangan, seng (zinc), dan vitamin B-6.

¦ Kacang almond

Selain ubi bit merah, bisa mencoba kacang almond untuk penderita hipertensi. Seperti yang diketahui, kacang almond mengandung protein dan lemak baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Aston University, Birmingham, hanya dengan memakan 50 gram kacang almond per hari dapat membantu mengurangi tekanan darah, melancarkan peredaran darah.

¦ Sayuran hijau

Sebelumnya telah dibahas terkait lemak jahat dan lemak baik. Perbedaannya, lemak baik dapat membantu tubuh untuk membakar lemak, bukan menyimpannya. Dengan berolahraga dapat meningkatkan kadar lemak baik, tapi studi tentang nitrat telah menunjukkan bahwa kandungan ini juga ditemukan dalam sayuran hijau, yang juga dapat membantu untuk mengubah sel-sel lemak jahat pada sel-sel yang sangat mirip dengan lemak baik.

¦ Oat

Sebagai sumber makanan yang kaya serat, bubur oat yang enak ini telah ditemukan dapat membantu dalam menstabilkan kadar gula darah, dan sebagai hasilnya dapat membantu mencegah rasa lapar pada pertengahan hari sebelum makan siang yang membuat orang memilih mengonsumsi makanan ringan.

Bubur ini merupakan sumber magnesium-mineral yang membantu mengatur kadar insulin dan glukosa dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, jika menggabungkan bubur oat dengan susu rendah lemak, bisa membantu menurunkan risiko diabetes asalkan tidak menambahkan gula atau sirup ke dalamnya.

Larissa huda
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5951 seconds (0.1#10.140)