Investasi Kesehatan Masa Depan

Selasa, 24 Februari 2015 - 10:27 WIB
Investasi Kesehatan Masa Depan
Investasi Kesehatan Masa Depan
A A A
Thailand-Samsung tidak hanya mampu menghasilkan produk- produk unggulan di smartphone juga home appliance atau perangkat rumah tangga seperti, mesin cuci, air conditioner (AC) dan kulkas dan sebagainya. Pada Samsung Forum 2015 di Bangkok, Thailand.

Perusahaan asal Korea Selatan ini menampilkan berbagai jenis produk terbaru yang memudahkan para ibu rumah tangga melakukan aktivitasnya di rumah. Mesin cuci dualwash tipe WA6700 misalnya, dengan teknologi yang dibenamkan pada mesin tersebut memberikan kemudahan dalam mencuci.

Pembuatan mesin cuci jenis ini berangkat dari kebiasaan mencuci dan mengucek pakaian oleh para ibu rumah tangga di Asia termasuk Indonesia dirasa kurang pas. Karena biasanya menggunakan papan penggilasan, ember dan dilakukan dengan duduk atau jongkok. Hal ini memberikan beban bagi tulang punggung sehingga kerap menimbulkan pegal dan sakit pinggang.

Dengan mesin cuci ini, semua aktivitas mencuci dan mengucek bisa dilakukan dengan berdiri. Sebab, pada bagian atas mesin cuci ini terdapat tempat mencuci khusus untuk membersihkan bagian-bagian sulit dari pakaian seperti kerah baju dan sebagainya. Sebelum akhirnya dimasukkan ke drum mesin cuci di bawahnya.

"Dengan mesin ini benar-benar jauh efeknya untuk kesehatan," ujar Brand Ambassador Samsung, Dian Sastrowardoyo. Dampak dari mencuci dengan jongkok baru dirasakan ketika menginjak usia 40 tahun. Dengan menggunakan mesin cuci ini, dampak buruk bagi kesehatan bisa dikurangi. Sebab, hasil penelitian diketahu, dengan merubah posisi mencuci dari jongkok menjadi berdiri maka beban otot berkurang 43%.

Kemudian 54% mengurangi beban tulang belakang dan sebagainya. Kemudahan lain yang diberikan adalah, para ibu tidak perlu lagi memasukan detergen ke dalam mesin cuci secara manual sehingga menimbulkan gumpalan detergen di pakaian. Dengan mesin ini, detergen cukup dimasukan ke dalam sebuah kotak yang berada di bawah tombol, maka detergen yang semula menggumpal tidak ada lagi dan masuk ke dalam mesin secara merata.

Keunggulan lainnya, mesin cuci ini dilengkapi teknologi Wobble, dimana mesin tidak hanya memutar pakaian secara arah jarum jam, tetapi juga ke atas dan bawah, sehingga pakaian tidak akan kusut dan melilit ketika dikeluarkan sehingga tidak ada pakaian yang membantu saat menyetrika.

Harga mesin cuci dualwash ini dibanderol dipasaran Rp3,4 juta untuk ukuran 8 kg. Sedangkan, untuk produk terbaru ukuran 21 kg baru hadir akhir Februari. Selain mesin cuci, Samsung juga menghadirkan lemari pendingin atau kulkas terbarunya. Dimana, kulkas ini dilengkapi dengan food show case yang memudahkan pengguna dalam meletakan makanan dan minuman sehingga tidak perlu lagi tercampur antara makanan, minuman dengan sayuran.

Ada dua lapis lemari dalam kulkas tersebut, sehingga akan menyimpan banyak makanan dan sayuran. Selain itu, anak-anak juga tidak memberantakan makanan dalam kulkas, karena makanan dan minuman bisa diletakan pada kompartemen disesuai dengan kebutuhan. Temperatur pada lemari pendingin ini sekitar 0,5 derajat celcius lebih dingin dibandingkan kulkas pada umumnya.

Dengan bahan dasar metal maka suhu dalam kompartemen cenderung konstan. Sehingga membuat makanan dan sayuran tetap fresh dan segar serta tidak mengurangi rasa. Menariknya, lemari pendingin dengan nomor seri RH9000 ini sangat hemat listrik. Selain itu, Samsung juga meluncurkan Air Conditioner (AC). Dengan inovasi terbaru, AC berbentuk segitiga ini memberikan kemudahan dalam membersihkan penyaring atau filter.

Untuk membersihkan filter AC tipe AR7500 ini cukup mengangkat bagian atas filter tanpa menggunakan alat bantu apapun karena tidak ada baut di dalamnya. Cukup angkat, filter akan terlepas, kemudian dicuci di wastafel dengan air, di keringkan, dan bisa langsung dipasangkan kembali. "Nggak ada poinnya kalau kita punya udara dingin tapi kotor. Filter itu sangat menentukan udara yang dikeluarkan oleh AC," tutur Pemeran film Ada Apa dengan Cinta ini.

Keunggulan lainnya yaitu, kipas yang lebih besar sehingga udara masuk ke dalam juga lebih besar, rasa dingin pun akan lebih cepat memenuhi ruangan. Untuk AC 1 PK Samsung ini dihargai Rp3,1 juta di pasaran. Anda pun tidak perlu khawatir karena AC ini low watt. AC ini juga bisa dilengkapi dengan software yang memberikan petunjuk bila kondisi filter kotor. Aplikasi tersebut bisa dipasang pada smartphone maupun phablet.

Sucipto
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6756 seconds (0.1#10.140)