Shio, Paling Dicari Saat Imlek

Selasa, 24 Februari 2015 - 10:28 WIB
Shio, Paling Dicari Saat Imlek
Shio, Paling Dicari Saat Imlek
A A A
Sebulan menjelang Tahun Baru China atau Imlek, mesin pencari Google merekam tingginya tren terkait beberapa kata-kata seperti ”shio” hingga “ramalan”. Penelusuran seputar kata “ramalan shio”, “zodiak”, bahkan “shio togel” mengalami peningkatan rata-rata 30%.

“Shio 2015” dan “Tahun Kambing” menjadi dua pencarian teratas dalam tema shio. Sementara “Shio 2015” paling banyak dicari oleh netizen di kawasan Sumatra Utara, Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Perayaan Imlek tahun ini memang tidak bisa dilepaskan dengan banyaknya ornamen merah dan emas, serta hiasan berbentuk kambing.

Tentu wajar, sebab, menurut kalender China, tahun kambing resmi dimulai pada 19 Februari 2015 lalu. Kambing umumnya diasosiasikan dengan kasih sayang hingga rasa berbakti. Imlek menjadi hari istimewa bagi warga Tionghoa. Sebab, pada tahun baru China tersebut juga ada beragam makanan lezat yang disajikan.

Seperti halnya Lebaran dengan opor ayam, perayaan Imlek juga memiliki makanan khas. Menurut pencarian Google, beberapa makanan khas Imlek kembali banyak dicari oleh netizen. Misalnya saja Bolu Kukus (Fa Gao). Kue ini diminati karena melambangkan kemakmuran.

Dalam bahasa China, Fa berarti meningkat. Kue Fa Gao ini memiliki rasa manis, gurih, dan tekstur lembut dan terkadang kenyal. Pencarian tertinggi lainnya adalah dimsum, nastar, bakpau, serta manisan. Dim sum ternyata menjadi salah satu menu yang diminati kedua oleh netizen dalam perayaan menyambut tahun kambing kayu. Dim sum merupakan makanan khas yang disajikan di dalam steamer bambu yang tujuannya untuk tetap menjaga kehangatannya.

Danang
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4807 seconds (0.1#10.140)