Streaming Non Stop Jakarta-Bekasi

Selasa, 24 Februari 2015 - 10:31 WIB
Streaming Non Stop Jakarta-Bekasi
Streaming Non Stop Jakarta-Bekasi
A A A
Usai merampungkan modernisasi jaringan di 23 kota seluruh Indonesia, pekan lalu Indosat melakukan uji coba jaringan (network drive test) di sepanjang jalur transportasi kereta api jarak jauh antara Jakarta (stasiun Gambir) hingga Bekasi (Stasiun Bekasi).

Ada beberapa hal yang diujicobakan. Antara lain jaringan 3G untuk mendukung aktivitas dunia maya seperti browsing, upload file, atau live streaming bagi pelanggan. Serta fitur HD Voice yang fungsinya adalah menghadirkan layanan suara lebih jernih dan jelas, seolah tanpa jarak saat melakukan panggilan.

“Transportasi kereta merupakan salah satu jalur utama mobilitas masyarakat Jakarta. Pengguna transportasi ini pasti membutuhkan kualitas komunikasi handal yang dimanfaatkan sepanjang perjalanan,” tegas Director & Chief Technology Officer Indosat John Thompson. ”Karena itu kami ingin memastikan pengguna di kereta mendapatkan user experience terbaik,” tambahnya.

Ada beberapa hal yang jadi kesimpulan dari network drive test. Pertama, streaming YouTube sepanjang perjalanan dari stasiun Gambir hingga stasiun Bekasi dilakukan tanpa mengalami buffering. Sedangkan rata-rata kecepatan internet yang di dapat adalah 23,3 Mbps/detik untuk unduh dan 9,23 Mbps/detik untuk unggah. Bahkan ketika melewati area Cipinang yang terpasang jammer--penghalang sinyal handphone--kecepatan rata-rata masih berada di angka 5,38 Mbps/detik.

Bagaimana dengan HD Voice? Layanan suara jernih ini diklaim optimal saat digunakan di wilayah Jabodetabek. Smartphone yang sudah diluncurkan sejak akhir 2012 sudah mendukung HD Voice. Jadi, tidak perlu khawatir. Fitur HD Voice sebenarnya merupakan fitur peningkatan kualitas suara menjadi lebih jernih ketika mengaktifkan AMR WB (Adaptive Multi Rate Wideband) yang memungkinkan pengguna frekuensi untuk aplikasi voice dari maksimum 3.400 Hz menjadi dua kali lipat yaitu 7.000 Hz.

Binti murfaidah
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5076 seconds (0.1#10.140)