Dampak Negatif Terlalu Banyak Tidur

Rabu, 25 Februari 2015 - 06:48 WIB
Dampak Negatif Terlalu Banyak Tidur
Dampak Negatif Terlalu Banyak Tidur
A A A
AGAR tubuh tetap bugar, seseorang membutuhkan tidur yang cukup. Normalnya, seseorang membutuhkan tidur 8 jam setiap harinya. Namun tahukah Anda, jika tidur lebih dari 8 jam dapat memicu berbagai macam penyakit?

Sebab, tidur terlalu banyak tidak hanya dapat memicu berbagai macam penyakit, namun juga kematian. Berikut 5 risiko terlalu banyak tidur yang dilansir dari Boldsky.com.

1. Diabetes
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur lebih dari batas normal dapat memicu diabetes. Bagi Anda yang memiliki riwayat genetik diabetes, sebaiknya batasi waktu tidur Anda.

2. Penururan daya ingat
Tidak hanya dapat memicu diabetes, tidur lebih dari batas normal dapat memengaruhi kinerja otak. Tidur terlalu banyak dipercaya dapat memperlambat fungsi sel-sel otak dan menimbulkan efek penuaan memori lebih cepat.

3. Jantung
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tidur lebih dari 8 jam setiap malamnya dapat meningkatkan risiko masalah jantung. Karena, terdapat keterkaitan antara orang-orang yang tidur 9-12 jam setiap malam dan peningkatan kemungkinan untuk terkena penyakit jantung.

4. Sakit punggung
Sakit punggung juga dapat menghampiri Anda. Menurut beberapa ahli, terlalu banyak tidur dapat mengakibatkan kurangnya gaya hidup aktif dan merupakan alasan yang dikenal dapat menimbulkan nyeri punggung bawah.

5. Kematian
Banyak penelitian yang menunjukkan adanya hubungan antara terlalu banyak tidur dengan tingkat kematian. Orang yang tidur lebih dari 8 jam semalam dikaitkan dengan risiko 1,3 kali lebih besar mengalami kematian dari 1,38 juta orang peserta penelitian.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6382 seconds (0.1#10.140)
pixels