Terapi Cahaya untuk Obati Depresi

Rabu, 25 Februari 2015 - 10:10 WIB
Terapi Cahaya untuk Obati Depresi
Terapi Cahaya untuk Obati Depresi
A A A
DEPRESI adalah suatu keadaan yang sangat sulit bagi seseorang. Karena kondisi itu melibatkan beberapa unsur perasaan sedih, murung, menderita, kesulitan yang teramat sangat, hingga menyebabkan seseorang mengalami kondisi yang sangat buruk.

Begitu berat dan banyaknya masalah yang di hadapi akan menyebabkan seseorang terkena yang namanya depresi. Depresi juga tak mengenal waktu, terkadang depresi dapat timbul saat hujan. Sehingga, depresi bisa timbul dan masuk ke dalam tubuh. Ada sebanyak 10 obat alami untuk redakan depresi.

Tapi meredakan depresi tak harus selalu obat-obatan kimia, namun terapi terapi cahaya alami dapat mengobati depresi. Hal ini dikarenakan tubuh kita menyerap energi dari matahari.

Ketika sinar matahari yang masuk ke tubuh sedikit , maka tubuh tidak mendapatkan energi yang dibutuhkan dan akan mengakibatkan Seasonal Affective Disorder (SAD).

SAD adalah jenis depresi biasanya yang terjadi pada waktu tertentu setiap tahunnya. Biasanya pada musim gugur atau musim dingin, yang mengapa juga dikenal sebagai depresi musim dingin. Hal ini lebih umum di wilayah geografis di mana ada sinar matahari alami yang buruk.

Akan tetapi, terapi cahaya dapat membantu mengobati gangguan depresi musiman ini. Misalnya dengan membantu pasien memberikan cahaya ultarviolet atau biasa Juga dikenal sebagai terapi cahaya terang atau fototerapi. Terapi itu merupakan perawatan yang sangat sederhana.

Untuk melakukannya pasien hanya perlu duduk atau bekerja di dekat alat yang disebut kotak terapi cahaya. Alat yang menghasilkan cahaya alami, yang merupakan pengganti sinar matahari.

Lampu ini akan memengaruhi kinerja otak yang terkait dengan suasana hati, sehingga mengurangi gejala SAD. Berikut ini adalah manfaat dari terapi cahaya sebagaimana dikutip dari healthmeup :

1. Membantu mengobati gangguan afektif musiman
2. Meningkatkan efektivitas obat antidepresi atau konseling kesehatan mental
3. Membantu wanita menghindari obat antidepresi selama kehamilan atau saat menyusui
4. Menjaga kondisi kulit seperti psoriasis
5. Mengurangi jet lag
6. Dapat digunakan untuk mengobati beberapa gangguan tidur
7. Bisa juga digunakan untuk mengobati beberapa kasus depresi nonmusiman dan demensia.

Meskipun baik untuk kesehatan, tetapi terapi cahaya dapat menimbullkan efek samping yang biasanya tidak berlangsung lama dan tidak merusak otak. Efek samping bisa lebih buruk dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, namun konsultasi ke dokter merupakan langkah baik untuk melakukan terapi cahaya.

Selain itu, orang yang menderita porfiria harus menghindari kebanyakan bentuk terapi cahaya. Terapi cahaya adalah pengobatan yang aman dan merupakan pengganti yang baik untuk cahaya matahari alami.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5625 seconds (0.1#10.140)