Tiga Amunisi Penggoda

Kamis, 26 Februari 2015 - 11:51 WIB
Tiga Amunisi Penggoda
Tiga Amunisi Penggoda
A A A
Kia Motor Indonesia berencana membawa tiga mobil yang akan mampu menggoda konsumen Indonesia. Apa saja ketiga mobil tersebut? KIA masih terus menggoda konsumen Indonesia dengan pilihan mobil-mobil menarik.

Setelah setahun lalu hanya meluncurkan All New KIA Sportage dan KIA Morning 1.0 kini, KIA Motor Indonesia (KMI) berencana membawa tiga mobil di tahun ini. Hartanto Sukmono, Direktur Marketing PT KMI, mengatakan kehadiran ketiga mobil tersebut sesuai dengan janji yang dia ucapkan tahun lalu. Jadi, apa saja mobilnya?

“Seperti yang pernah saya katakan dan sudah kami pastikan, kami akan siapkan model refreshment dari Picanto dan Rio. Kedua model ini merupakan ujung tombak KIA di Indonesia,” kata Hartanto Sukmono. “KIA Picanto dan Rio facelift kemungkinan diluncurkan pada kuartal dua atau sebelum Lebaran,” tambahnya. Gambar resmi KIA Picanto facelift dan KIA Rio facelift memang sudah keluar.

KIA Rio facelift mendebut di ajang Chicago Motor Show 2015 beberapa waktu belakangan. Sementara KIA Picanto facelift akan hadir di ajang Geneva Auto Show 2015 yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Kedua mobil tersebut mengalami penyegaran dari segi styling eksterior. KIA Rio facelift tampil dengan styling bumper depan dan belakang yang lebih segar.

Desainnya yang berani malah terkesan mengingatkan desain bumper depan yang ada di Porsche Cayenne. Selain itu, mobil berukuran medium tersebut sudah dilengkapi dengan sunroof . Alhasil, tampilan luar mobil ini jauh lebih maju dibandingkan KIA Rio lama. Bagaimana dengan KIA Picanto, perubahan apa saja yang terjadi di mobil mikro KIA ini?

Seperti KIA Rio facelift, mobil ini mengalami perubahan di bumper depan dan belakang. Hanya, ada beberapa penambahan di bagian interior seperti pengaturan pendingin ruangan yang mulai digital dan head unit baru. Yang paling penting, di mobil tersebut sudah disematkan teknologi turbo sehingga semakin menggoda konsumen yang haus performa. Sulit memang mengharapkan KIA Picanto facelift versi turbo tersebut datang ke Indonesia.

“KIA memasarkan produknya ke empat bagian. Pertama domestik, kemudian Eropa, Amerika, dan general market . Nah yang general market itu masuk Indonesia. Biasanya, yang turbo itu ada di Eropa, Amerika, dan domestik,” kata Hartanto Sukmono. Selain Picanto dan Rio, Hartanto menyebut akan ada satu model baru yang akan diluncurkan pada tahun kambing kayu ini.

Rumor yang berkembang saat ini, model yang dimaksud adalah generasi terbaru KIA Carnival. “Kami merencanakan untuk menghadirkan satu model baru lagi, tapi maaf kami tidak bisa menyampaikan tipenya,” ujar pria ramah itu. Lalu, kapan model baru ini akan dilahirkan? “Mungkin semester dua,” pungkasnya. Seperti KIA Picanto facelift kesulitan dimulai dari pilihan mesin.

Di Korea Selatan, Carnival punya dua pilihan, yaitu diesel CRDi 2.2L turbocharger dan bensin V6 Lambda II 3.3L. Harry Yanto, Sales & Marketing Development Manager KMI mengatakan, kapasitas mesin bensin melebihi batas pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk mobil CBU yang berlaku untuk kapasitas 3.000 cc ke atas.

“Kalau jual diesel, kita juga pertimbangkan harga, karena diesel biasanya lebih mahal dari bensin. Kita enggak mau seperti Carens terulang lagi,” ulas Harry. Lalu masalah lain, lanjut Harry, ada pada kapasitas penumpang. Di Korea Selatan, Carnival punya konfigurasi tempat duduk 7 penumpang, 8 penumpang, atau 11 penumpang, KMI masih mempertimbangkan segala kemungkinan.

Harga jual Carnival -misalnya dengan pilihan mesin diesel- di Indonesia bisa lebih ditekan bila menerapkan kapasitas 11 penumpang. Dengan begitu, Carnival masuk di segmen komersial seperti Volkswagen Caravelle. Meski begitu, pesaingnya tetap MPV atas, seperti Alphard, Vellfire, atau Elgrand.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7302 seconds (0.1#10.140)