Apakah Saya Kecanduan Smartphone?

Selasa, 03 Maret 2015 - 11:28 WIB
Apakah Saya Kecanduan Smartphone?
Apakah Saya Kecanduan Smartphone?
A A A
Rasanya tidak mungkin hidup dengan smartphone. Demikian diungkap penyanyi Citra Scholastika. Sekilas perkataan itu mungkin berlebihan atau ”lebay”.

Namun, jika dipikir ulang, bisa jadi banyak yang sependapat dengan Citra. Benarkah ada yang namanya ketagihan smartphone? Jawabannya adalah ada. Ketagihan pada smartphone sama dengan ketagihan lainnya, seperti ketagihan terhadap komputer, game, pornografi, judi, hingga seks.

”Selama sesuatu itu memberikan kenyamanan pada otak maka berpotensi menjadi adiksi. Dan jika Anda tidak bisa mengontrolnya, maka hal itu disebut adiksi,” ujar James Roberts, profesor marketing Hankamer School of Business, Universitas Baylor, AS. Penelitian menyebut ada enam ciri khas yang dikategorikan sebagai sikap kecanduan. Apakah Anda termasuk di dalamnya?

Rutinitas
Sebuah kegiatan menjadi kebiasaan ketika dilakukan terus menerus dan lekat dalam gaya hidup keseharian. 1. Smartphone adalah perangkat pertama yang saya raih (cek) begitu bangun tidur di pagi hari. 2. Ditengah jalan, saya tidak ragu untuk kembali kerumah ketika sadar smartphone saya ketinggalan.

Suasana Hati
Ada atau tidaknya notifikasi masuk di smartphone bisa membuat suasana hati Anda berubah-ubah. Bisa senang, berdebar-debar, bahkan marah dan sedih sekali. 3. Saya akan bermain ponsel ketika sedang bosan. 4. Saya pernah berpura-pura mengangkat telpon ketika berada dalam situasi yang canggung atau memalukan.

Toleransi
Dosis dalam mengakses sebuah subtansi yang membuat kecanduan umumnya terus meningkat. Bahkan bisa dibilang tinggi jika telah menjadi candu. 5. Saya kok merasa menghabiskan waktu terus menerus lebih banyak didepan ponsel. 6. Saya menghabiskan waktu lebih dari seharusnya di depan ponsel.

Menarik Diri
Perasaan tidak nyaman, stres, gugup, putus asa, bahkan panik sering muncul jika Anda terpisahkan dari smartphone. 7. Emosi saya jadi tidak menentu jika saya berada jauh dari smartphone saya. 8. Saya akan menjadi sangat panik jika saya merasa smartphone saya hilang atau ketinggalan di tempat yang saya tidak tahu.

Konflik
Apakah ada anak, suami, istri, saudara, atau keluarga dekat Anda lainnya yang mengeluh atau protes terhadap kegiatan Anda di depan layar smartphone? 9. Saya pernah berselisih, bahkan bertengkar dengan istri, teman, atau keluarga terkait smartphone saya. 10. Saya menggunakan smartphone saat sedang menyetir mobil.

Kambuh
Setelah sadar bahwa ponsel kita memberikan dampak positif, biasanya kita akan berhenti. Tapi, kemudian akan terjadi ini: kambuh. Inilah ciri orang ketagihan. 11. Saya sudah berupaya mengurangi durasi penggunaan ponsel setiap harinya, tapi tidak berlangsung lama. 12. Saya merasa harus mengurangi penggunaan ponsel. Tapi saya khawatir saya tidak bisa melakukannya.

Danang arradian
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7653 seconds (0.1#10.140)