Ini Penyebab Gigi Berlubang

Rabu, 04 Maret 2015 - 08:35 WIB
Ini Penyebab Gigi Berlubang
Ini Penyebab Gigi Berlubang
A A A
JAKARTA - Masalah yang terjadi pada gigi salah satunya adalah gigi berlubang. Gigi berlubang dapat terjadi pada semua tingkat usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Secara umum ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan gigi berlubang, ahli konservasi gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Dr. Ratna Meidyawati drg. SpKG(K) menjelaskan, gigi berlubang salah satunya disebabkan oleh bakteri dan gula.

"Lubang gigi disebabkan oleh pertemuan anara bakteri dan gula. Bakteri yang terdapat pada mulut akan mengubah gula dari sisa makanan menjadi asam yang menyebabkan lingkungan gigi menjadi asam," papar Ratna, di Hotel InterContinental MidPlaza, Jakarta (3/3/2015).

Lebih lanjut Ratna mengungkapkan, asam yang terdapat dalam mulut tersebut akhirnya membuat lubang kecil pada email gigi. Lubang kecil pada email, selanjutnya dapat menjadi tempat sisa makanan dan adanya bakteri akan membuat lubang semakin besar hingga mencapai dentin.

"Lubang akan menjadi lebih dalam hingga mengenai saraf dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada gigi," tandasnya.

Gigi berlubang paling sering ditemukan di gigi bagian belakang, karena letaknya sulit terjangkau secara optimal oleh sikat gigi. Gigi belakang juga paling banyak memiliki alur dan celah yang kadang sulit dijangkau saat menggosok gigi.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7214 seconds (0.1#10.140)