Sihir Chaka Khan di Panggung Java Jazz

Sabtu, 07 Maret 2015 - 08:54 WIB
Sihir Chaka Khan di Panggung Java Jazz
Sihir Chaka Khan di Panggung Java Jazz
A A A
Penyanyi Chaka Khan sudah tidak asing lagi bagi pencinta musik jazz di Indonesia. Dia telah beberapa kali penyapa penggemarnya di Jakarta. Pada perhelatan Java Jazz Festival ini, dia akan memberikan penampilan berbeda.

Penyanyi asal Amerika Serikat ini akan berkolaborasi dengan band asal Inggris Incognito. Tentu saja duet ini akan terasa istimewa lantaran musik mereka sangat digandrungi. Pencinta jazz pun dibuat penasaran dengan aksi panggung para jawara jazz dunia ini. Chaka Khan merupakan pemenang 10 kali Grammy Awards dan salah satu musisi terbaik di dunia yang kaya warisan musik.

Dia tidak hanya mampu mengeluarkan suara khas, juga sebagai penulis lagu, aktris, pengusaha, dan aktivis. Musiknya telah memberi pengaruh terhadap artis zaman sekarang. Selain dikenal sebagai penyanyi soul, Khan juga telah menyanyikan tujuh jenis musik yang berbeda, termasuk R ‘n B, pop, rock, gospel, country, world music, dan klasik. Karya-karyanya itu telah membuat banyak orang seperti terhipnotis.

Chaka Khan telah memiliki jutaan penggemar setia yang tersebar di seluruh dunia. Selama berkarier di dunia hiburan, dia telah merilis 22 album rekaman, 10 di antaranya duduk di posisi nomor satu tangga lagu Billboard. Khan memulai karier pada 1978 dengan menghasilkan lagu yang sangat populer waktu itu berjudul I’m Every Woman.

Namun, lagu yang membuat Khan menjadi terkenal di seluruh dunia adalah I Feel For You . Lagu yang ditulis Prince dan dirilis pada 1984 ini bukan bergenre jazz, tetapi RnB pertama dan menjadi cikalbakal musik rap. Pada Juni 2012, Chaka Khan mencantumkan namanya dalam The Hollywood Bowl Hall of Fame.

Satu tahun sebelumnya, dia mendapat bintang kehormatan pada Hollywood Walk of Fame karena karya-karyanya yang legendaris. Sementara Incognito merupakan band asal Inggris yang menjadi salah satu kelompok musik berpengaruh di dunia. Itu lantaran musik jazz diusungnya menggunakan bahasa yang lebih “gaul”.

Grup musik ini dimotori oleh gitaris Jean-Paul “Bluey” Maunick yang piawai mengolah musik bernuansa acid jazz penuh warna. Untuk musik, Incognito berhasil menggabungkan funk, soul, RnB, hiphop, dan Latin. Kombinasi itulah yang membuat jazz ala Incognito ini terasa berbeda dan disukai.

Lagu hitnya, seperti Still A Friend of Mine, Eveyday, Don’t You Worry ‘Bout A Thing atau Change . Mereka yang mendengar musik ini akan ikut bergoyang. Album yang pernah dirilis dan sukses di pasar dunia, seperti “Jazz Funk” (1981), “Inside Life” (1991), “Tribes, Vibes & Scribes” (1992), “Positivity” (1993), “100° and Rising” (1995).

Thomasmanggalla
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9162 seconds (0.1#10.140)