2015, Tahunnya Smartwatch

Selasa, 10 Maret 2015 - 09:14 WIB
2015, Tahunnya Smartwatch
2015, Tahunnya Smartwatch
A A A
”Apple Watch akan memicu pertumbuhan pasar smartwatch secara global,” demikian tulisan blog dari Strategy Analytics.

Smartwatch adalah kategori yang sangat diminati. Tentu banyak yang mengidamkan arloji yang secanggih milik James Bond, Michael Knight (serial Knight Rider), atau bahkan agen K di film Men in Black.

Nyatanya, teknologi arloji pintar saat ini sudah sangat canggih: dapat mengukur denyut nadi, melihat notifikasi email, panggilan telepon maupun SMS, hingga menjawab telepon. Mengapa pasar smartwatch sendiri cenderung lambat dan stagnan selama 2013-2014 bisa dicermati dari dua hal. Yang pertama, karena teknologinya memang belum sesuai harapan konsumen. Adapun alasan kedua adalah desain yang kebanyakn masih kaku, besar, dan terkadang terlalu unik/futuristik.

Nah, pada pertengahan 2014 Google merilis perangkat Android Wear yang memungkinkan vendor mendesain smartwatch dengan user interface cantik yang bisa dibenamkan di jam tangan berbentuk bulat, tidak lagi persegi. Di awal tahun ini pun kita melihat vendor seperti Huawei masuk ke segmen smartwatch lewat Huawei Watch. Ini jadi yang pertama bagi Huawei, dan langkah ini diperkirakan akan disusul oleh vendor-vendor lainnya.

Tinggal landasnya pasar smartwatch ini diprediksi akan terjadi mulai April 2015 mendatang. Tepat ketika Apple merilis Apple Watch. Pada saat itu, smartwatch akan jadi kategori yang sangat seksi.

Pada saat itu, konsumen yang ingin memakai smartwatch lebih terjangkau atau desain berbeda, dipastikan sudah bisa memilih berbagai variasi smartwatch dengan desain, fitur, vendor, dan harga yang berbeda serta bervariasi. Yang patut Anda ingat sekarang adalah, bersiaplah menyambut pasar smartwatch!

Danang arradian
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5780 seconds (0.1#10.140)