Memilih Sikat Gigi Sehat

Selasa, 10 Maret 2015 - 09:33 WIB
Memilih Sikat Gigi Sehat
Memilih Sikat Gigi Sehat
A A A
Bulu sikat
Sikat gigi umumnya mempunyai tiga jenis bulu sikat, yakni soft (halus), medium (sedang), dan hard (keras). Ahli gigi menganjurkan untuk menggunakan sikat gigi yang mempunyai bulu sikat soft-medium. Sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut disarankan supaya tidak melukai gusi dan merusak email gigi.

Ukuran kepala sikat
Pilihlah sikat gigi dengan kepala sikat yang mampu mengakses ke semua permukaan gigi. Untuk anak dan dewasa baiknya memilih ukuran yang pas dengan ukuran mulut. Sebab, ukuran sikat yang terlalu besar akan sulit untuk bermanuver menjangkau areaarea yang penuh dengan sisa makanan, seperti bagian samping atau bagian dalam mulut, terutama bagian belakang dari gigi geraham.

Nyaman digenggam
Gagang sikat yang nyaman digenggam akan memudahkan untuk menyikat gigi. Sebaiknya jangan tergesa-gesa saat menyikat gigi, pastikan seluruh permukaan gigi tersikat dan biasanya memakan waktu 2–3 menit. Gagang sikat yang nyaman akan membantu Anda merasa nyaman juga saat menyikat gigi.

Rutin ganti sikat gigi
Ganti sikat gigi minimal setiap tiga bulan atau saat bulu sikat sudah mengembang. Pastikan sikat gigi tetap dapat berfungsi dengan baik dan dapat menyikat gigi dengan bersih.

Letakkan di tempat terbuka
Sikat gigi yang disimpan di dalam kotak penyimpanan akan cepat lembap dan menjadi tempat subur bagi berkembangnya kuman.

Novi
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0701 seconds (0.1#10.140)