Mencari Utilitas dan Praktikal

Kamis, 12 Maret 2015 - 09:45 WIB
Mencari Utilitas dan Praktikal
Mencari Utilitas dan Praktikal
A A A
MINI Cooper sudah memiliki nama yang ikonik di dunia automotif. Hanya, masih banyak orang yang salah tafsir dengan mobil ini. Banyak orang yang langsung kaget ketika melihat MINI Cooper hanya tersedia dalam 3 pintu.

“Banyak dari mereka yang langsung sedikit mundur ketika tahu mobilnya cuma 3 pintu. Mereka merasa kurang nyaman dengan pilihan tersebut,” ujar Dennis Kadaruskan, Product Planning Manager BMW Group Indonesia. KORAN SINDO sempat merasakan betapa rumitnya MINI Cooper 3 pintu.

Ketika mencoba mobil ini di MINI Connected Drive pada pertengahan Februari lalu, sangat sulit bagi penumpang untuk masuk ke baris kedua dengan nyaman. Sebab, cara masuknya hanya dengan menggeser jok mobil di baris pertama ke depan. Itu pun tidak bisa mentok ke depan untuk memberikan akses masuk yang lebih lega. “Inilah alasan kami membawa MINI Cooper 5 pintu,” kata Dennis.

MINI Cooper 5 pintu memang tidak memiliki perbedaan dengan MINI Cooper 3 pintu dari segi desain dan kelengkapan. Desainnya tetap sama dan fitur-fitur canggih, seperti MINI Connected dan MINI Driving Mode, masih ada di mobil ini. Mesin juga tidak berbeda MINI Cooper 5 pintu dibekali mesin 1,5 liter dengan 3 silinder yang dikawinkan dengan twinpower turbo .

Sementara MINI Cooper S 5 pintu hadir dengan mesin 2 liter dengan 4 silinder yang juga dibekali turbo ganda khas BMW. Adapun yang membedakan mobil ini dengan MINI Cooper 3 pintu tidak hanya pintunya yang bertambah. Segi kepraktisannya pun meningkat drastis. Meskipun berubah jadi 5 pintu, tidak membuat MINI Cooper terasa gembrot seperti MINI Countryman.

Mobil ini tetap terlihat ramping layaknya MINI Cooper. “New Mini 5-Door tidak mengorbankan karakternya,” ujar Karen Lim, Presiden BMW Group Indonesia. Karena tidak kehilangan karakter itulah, penambahan dimensi mobil ini tidak terlalu signifikan.

Dibandingkan MINI Cooper sebelumnya, mobil ini hanya bertambah panjang 161 milimeter, 11 milimeter lebih tinggi. Sementara sumbu roda juga lebih panjang 72 milimeter untuk memberikan ruang kaki 37 milimeter lebih luas. Yang menarik, volume bagasi bertambah 67 liter menjadi 278 liter atau 30% lebih luas ketimbang versi 3 pintu. Kapasitas ini mendekati 290 liter bagasi Ford Fiesta atau 280 liter bagasi VW Polo.

Angkanya bisa lebih besar lagi jika sandaran jok belakang dilipat untuk menghasilkan volume hingga 941 liter. Sangat muat untuk mengangkut sebuah tas golf. Jadi, memang mobil ini sengaja dibuat untuk meningkatkan utilitasnya. Mulai dari mengangkut orang dengan nyaman hingga digunakan untuk kegiatan lainnya.

Berapa harganya? New MINI Cooper 5-Door dibanderol Rp549 juta (off the road ) dan New MINI Cooper S 5-Door ada di harga Rp719 juta off the road . Angka ini memang fantastis untuk sebuah mobil berukuran kecil.

Wahyu sibarani
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5201 seconds (0.1#10.140)