Cekatan Mengatasi Kesalahan

Sabtu, 14 Maret 2015 - 08:42 WIB
Cekatan Mengatasi Kesalahan
Cekatan Mengatasi Kesalahan
A A A
BERBUAT kesalahan di tempat kerja memang hal yang fatal. Kerap kali, kesalahan tersebut menghantui dan membuat kita berpikir bahwa kita akan dipecat.

“Kesalahan tersebut bisa saja menjadi masalah bagi rekan kerja atau atasan. Lebih buruk lagi, kesalahan tersebut bisa mengakibatkan kerugian pada perusahaan,” kata konsultan karier Dawn Rosenberg McKay, seperti dikutip dari about.com. Lebih lanjut Dawn mengatakan, saat melakukan kesalahan tersebut, karier seseorang bergantung pada apa yang akan dilakukannya setelah itu.

Apakah dia akan mengakui kesalahan ataukah berbohong saja, semua ada konsekuensinya. Meski begitu, Dawn menegaskan berbuat salah tak harus selalu berujung bencana. Jika berhasil mengatasinya, hal tersebut bisa menjadi catatan positif yang diberikan atasan.

Yang penting, menurut Dawn, saat kita berbuat salah, hal pertama yang harus dilakukan, yaitu mengakui kesalahan tersebut dengan segera. Kecuali kesalahan tersebut tidak signifikan dan tidak mengakibatkan perubahan apa pun, seseorang bisa saja tidak perlu mengatakannya.

Namun jika kesalahan tersebut cukup besar, lebih baik akui saja daripada nanti ada orang lain yang membongkar kesalahan tersebut. Jika sudah mengakui kesalahan, tawarkan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Jika Anda ingin mengatakan kesalahan tersebut kepada atasan, akan lebih jika juga menyertakan solusinya.

“Sampaikan ide solusi tersebut dengan jelas. Katakan juga soal berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengatasinya dan apakah membutuhkan biaya atau tidak,” ujarnya. Adapun yang harus diingat, jangan salahkan orang lain untuk kesalahan yang Anda buat.

Lebih baik jika memang kesalahan tersebut adalah kesalahan tim, ajak rekan yang lain untuk meyakinkan atasan bahwa tim bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan penawaran solusi yang tepat.

Satu hal lagi, jangan mencela diri Anda sendiri atas kesalahan yang telah dibuat. Ada perbedaan antara mengakui kesalahan dan mengutuk diri Anda sendiri atas kesalahan yang telah dilakukan. Jika ingin menganalisis kesalahan yang telah dilakukan, lebih baik gunakan waktu di luar waktu bekerja, seperti saat makan siang atau saat sudah berada di rumah.

Sementara saat Anda bekerja, manfaatkan untuk bekerja agar Anda tidak melakukan kesalahan yang bisa memicu sentimen negatif dari atasan.

Herita
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5226 seconds (0.1#10.140)