Untuk Indonesia yang Nyaman

Minggu, 15 Maret 2015 - 10:30 WIB
Untuk Indonesia yang Nyaman
Untuk Indonesia yang Nyaman
A A A
Sekelompok musisi meluncurkan album yang menggambarkan kegelisahan dan kritik para musisi terhadap kondisi bangsa. Mereka berharap tercipta Indonesia yang nyaman. Para musisi tersebut berkumpul dalam satu wadah bernama d’Rumah Harmoni.

Mereka adalah Bimbim, Ridho, Kaka, Ivanka, Oppie Andaresta, Dira Sugandi, Michael, J Flow, Fia Pop d Disco, Robie Navicula, Krisdayanti, Widi Kidiw Vierratale, dan lain-lainnya. Bimbim, selaku pencetus ide ini, mengatakan d’Rumah Harmoni adalah sebuah kelompok diskusi untuk menyuarakan pendapat tentang masalah apa pun, terutama di bidang musik.

Melalui wadah ini, para musisi bebas menyampaikan kegelisahan secara kreatif terhadap kondisi sosial bangsa saat ini. Adapun untuk menandai lahirnya gerakan dRumah Harmoni ini, mereka meluncurkan sebuah album dengan nama yang sama, “d’Rumah Harmoni”. Berisi tujuh lagu yang mengkritisi keadaan sosial dari berbagai aspek dan dibawakan secara keroyokan oleh musisi yang terlibat.

“(Album) ini isinya gambaran tentang Indonesia yang nyaman dan aman untuk ditinggali. Mungkin utopia, tapi Indonesia harus bisa. Sebagai musisi, kami berperan untuk mengkritisi apabila ada hal atau kebijakan pemerintah yang melenceng dari apa yang dijanjikan sebelumnya,” sebutnya.

Salah satu contoh kegelisahan tersebut tertuang dalam lagu Raya Indonesia yang ada di album “dRumah Harmoni”. “Hampir 70 tahun Indonesia belum raya, semoga ketika kami balik, rayanya di depan, jadi cepat raya duluan dan memberikan perubahan untuk negeri ini ke arah yang lebih baik,” ujar Bimbim sambil tersenyum.

Oppie Andaresta mengatakan proses produksi album ini sangat cepat, satu lagu tercipta dalam 30 menit. Berikutnya, dalam enam hari, Oppie dan kawankawan mampu menggandeng musisi lain hingga akhirnya album ini pun rampung. Menariknya, Oppie menuturkan, album tersebut didukung sejumlah musisi beragam genre musik yang ikut andil dalam menyanyikan setiap lagu.

Mereka di antaranya Krisdayanti, Dira Sugandi, Michael J, Widi vokalis grup musik Vieratale, J Flow, Mona, Reza Achmad, dan Fia Pop the Disco. “Semua musisi yang terlibat dalam album ini benar-benar tidak ada rencana. Ini mission imposible . Karena semua musisi besar kami todong untuk besok rekaman dan semua menyanggupi untuk ikut bergabung,” ujarnya.

Ke depannya, dRumah Harmoni juga akan merencanakan untuk mengadakan konser. Mereka juga akan serta selalu terbuka dengan datangnya musisi baru. Syaratnya musisi tersebut bersikap terbuka dengan perbedaan. “Penginnya konser pada tiga bulan ke depan dan maunya di Istana Bogor,” ujar perempuan berdarah Minang ini.

Adapun Dira Sugandi, yang juga berkontribusi di album ini, merasa bahwa keterlibatannya dalam pergerakan ini semata karena tanggung jawabnya sebagai musisi terhadap Indonesia. “Saya semenjak awalnya terlibat dalam wadah ini karena prihatin dengan kondisi bangsa ini. Saya baru menyadari profesi sebagai musisi bisa menggerakkan perubahan untuk Indonesia. Dari situ saya merasa punya tanggung jawab yang lebih untuk kesejahteraan negeri ini,” katanya.

Thomas manggala
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7384 seconds (0.1#10.140)