Cara Tepat Memasak Sayuran

Selasa, 17 Maret 2015 - 10:42 WIB
Cara Tepat Memasak Sayuran
Cara Tepat Memasak Sayuran
A A A
Penelitian menunjukkan, tidak penting seberapa banyak sayuran yang kita konsumsi, tapi yang lebih utama seberapa banyak jumlah vitamin, fotokimia, dan mineral lainnya yang masuk ke dalam tubuh kita.

Berikut beberapa cara sehat untuk memasak sayuran agar kandungan gizi di dalamnya tetap terjaga.

1.Dikukus. Ketimbang direbus, sayuran lebih baik dikukus. Proses ini dapat mempertahankan nutrisi dan rasa alami sayuran tersebut. Sayuran kukus jauh lebih sehat daripada yang direbus. Penguapan akan memberikan hasil yang sama seperti merebus. Untuk menambah rasa, Anda dapat menambahkan biji wijen, bawang putih, atau apa pun yang Anda suka. Semakin banyak kandungan air yang ada di sayuran, semakin banyak pula kandungan nutrisinya. Untuk hasil terbaik, kukuslah sayuran sampai renyah dan lembut.

2.Batasi garam. Perlu diingat untuk membatasi penggunaan garam karena dapat membantu untuk membawa keluar rasa dan warna pada sayuran. Sebaliknya, Anda dapat menggunakan rempah-rempah lainnya, seperti bawang putih untuk menambah rasa pada sayuran Anda.

3.Dipanggang. Memanggang sayuran merupakan alternatif yang sehat. Panggang sayuran Anda yang telah diolesi minyak goreng agar tidak lengket. Memanggang sayuran jauh lebih sehat dan enak daripada menumis atau menggoreng. Selain itu, cara ini terbukti mampu mempertahankan rasa, vitamin, dan mineral.

4.Tumis. Selain sederhana dan cepat, menumis sayuran juga merupakan alternatif yang sehat untuk mengolah sayuran Anda. Namun, berhati-hatilah untuk tidak memasak sayuran terlalu lembek. Sayuran yang renyah lebih banyak mengandung nutrisi.

Larissa
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6537 seconds (0.1#10.140)