Menjaga Smartphone Tetap Bersih

Selasa, 17 Maret 2015 - 13:04 WIB
Menjaga Smartphone Tetap Bersih
Menjaga Smartphone Tetap Bersih
A A A
Percaya atau tidak, penelitian menunjukkan bahwa sebuah smartphone memiliki kandungan bakteri yang sama dengan dudukan toilet. Itulah mengapa seperti halnya smartphone harus dibersihkan secara rutin seperti halnya bagian tubuh kita.

Setiap hari smartphone selalu ada digenggaman, kapan pun dan dimana pun. Seolah-olah menjadi bagian dari anggota tubuh. Ponsel menemani di perjalanan, angkutan umum, kamar mandi, kantor, serta kamar tidur. Sayangnya, banyak yang lupa bahwa ponsel pun harus dan butuh dibersihkan. Sama seperti bagian tubuh yang selalu kita bersihkan setiap hari setiap kita mandi. Menjaga dan merawat kesehatan tubuh, tentu saja akan berpengaruh terhadap kesehatan kita. Bagaimana caranya?

Matikan Dulu!

Pastikan bahwa smartphone Anda telah dinonaktifkan, untuk menghindari terjadi kerusakan yang tidak disengaja saat membersihkan. Selain berbahaya bagi perangkat, keadaan device yang masih aktif juga tidak aman.

Tentukan Bagian yang Dibersihkan

Perhatikan dahulu bagian dari perangkat mana yang dapat dilepas tanpa merusak segel garansi. Bersihkan bagian yang mudah dijangkau dan memang terdapat kotoran di dalamnya. Bagian yang umumnya terdapat debu atau kotoran adalah yang disentuh atau terbuka. Antara lain layar, lubang earphone, kamera depan, dan tombol atau kibor jika ada. Begitu pun sisi samping seperti tombol volume dan daya, lubang USB, lubang mikropon, serta bagian belakang seperti kover dan sudut-sudutnya. Bersihkan pula softcase atau hardcase yang pasti banyak kotoran menumpuk.

Pahami Jenis Noda dan Kotoran

Pentingnya mengetahui jenis noda atau kotoran tersebut adalah agar bisa mengetahui teknik membersihkannya dan bahan yang diperlukan. Sehingga Anda tidak kesal karena noda tidak juga hilang, atau malah berdampak destruktif terhadap perangkat kesayangan Anda. Berdasarkan pengalaman, umumnya kotoran yang berupa debu atau gumpalan yang berasal dari udara dapat dibersihkan dengan mudah. Berbeda dengan noda atau kotoran yang sifatnya menempel dan mengeras. Jenis noda ini memerlukan cairan pembersih khusus atau bahan kimia yang memang dapat mengikis atau membersihkannya tanpa merusak lapisan bodi perangkat.

Pilih Kering atau Basah

Cara membersihkan noda terdiri dari kering dan basah. Cara kering memerlukan perlengkapan sederhana, dengan karakter noda yang mudah dibersihkan. Yakni kain mikrofiber, kuas, cotton buds, sikat gigi dan alat peniup angin. Perlengkapan tersebut bisa dibeli di apotek, toko elektronik, atau toko kamera.

Nah, perlengkapan untuk membersihkan cara basah tidak jauh berbeda dengan cara kering. Cukup tambahkan cairan. Misalnya air, alkohol, atau cairan pembersih khusus yang bisa dibeli digerai ponsel atau toko komputer. Tips, gunakan kain mikrofiber atau cotton bud untuk dibasahi agar tidak terlalu banyak. Setelah itu diamkan atau angin-anginkan agar kering.

Gunakan Aksesori Pelindung

Casing atau kover serta anti gores sangat berguna untuk melindungi smartphone dari debu dan kotoran. Selain itu kini juga sudah tersedia plug berbahan karet yang berfungsi menutup lubang headset dan micro USB ketika tidak digunakan, sehingga tidak menjadi tempat menumpuknya debu.

Cahyandaru kuncorojati
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4833 seconds (0.1#10.140)