Empat Cara Atasi Sinus

Kamis, 19 Maret 2015 - 10:05 WIB
Empat Cara Atasi Sinus
Empat Cara Atasi Sinus
A A A
JAKARTA - Sinus merupakan kondisi terjadinya mukus atau lendir pada bagian rongga sinus. Hal ini disebabkan oleh penyakit sinusitis. Penyakit ini biasanya dipicu oleh bakteri yang disebabkan karena peradangan pada sinus.

Dilansir dari MeetDoctor, dibeberapa kasus sinusitis dapat terjadi hanya dalam beberapa minggu, hal ini bersifat sementara. Namun sinusitis yang sudah lebih dari 12 minggu atau lebih, ini menandakan sinusitis akut.

Sinusitis dapat terjadi bersamaan dengan influenza atau infeksi virus lainnya. Dua hari sampai satu minggu merupakan waktu yang biasa digunakan untuk membersihkan sinusitis. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sinusitis.

1. Obat aspirin atau ibuprofen dapat menjadi alternatif Anda. Namun obat ini tidak disarankan untuk dikonsumsi anak usia di bawah 16 tahun. Hal ini juga berlaku bagi seseorang penderita asma, maag, hingga gagal jantung.

2. Konsumsi obat dekongestan dapat membantu meringankan gejala sinusitas. Caranya cukup semprotkan obat tersebut ke hidung. Hal ini bertujuan untuk melegakan pernafasan.

3. Parasetamol dipercaya dapat meringankan sinusitis. Penderita sinusitis biasanya akan merasakan sakit kepala yang disertai nyeri pada wajah, dan untuk mengobatinya Anda dapat mengkonsumsi parasetamol.

4. Selain mengkonsumsi obat, istirahat yang cukup juga diperlukan untuk kesembuhan penderita sinusitis. Hal ini bertujuan untuk memulihkan kembali kesehatan tubuh Anda.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1892 seconds (0.1#10.140)