Berubah Demi Kebaikan

Kamis, 19 Maret 2015 - 11:27 WIB
Berubah Demi Kebaikan
Berubah Demi Kebaikan
A A A
Ada kesan baru saat KORAN SINDO mencoba All New KIA Carens untuk kedua kalinya. KIA Mobil Indonesia (KMI) sepertinya mendengarkan betul masukan demi masukan tentang fasilitas yang ada di mobil MPV yang punya nama lain KIA Rondo tersebut.

Begitu pertama kali pintu dibuka, mobil yang sebenarnya dirilis pada 2013 tersebut kini tampil lebih segar dengan balutan material kulit yang lebih berkualitas. Kejutan lainnya terjadi di bagian dasbor. Kini head unit yang semula masih konvensional telah berubah menjadi layar sentuh. Bahkan, head unit tersebut bisa menampilkan fitur GPS.

Jelas ini langkah yang sangat maju jika dibandingkan Carens yang pertama kali SINDO coba. Head unit ini mengintegrasikan dengan kejutan lainnya, yakni dua layar yang tersedia di headrest jok mobil baris pertama. Dua layar ini jelas dipasang untuk menghibur penumpang yang ada di baris kedua. Terasa sekali, KMI ingin menekankan bahwa mobil ini memang mobil keluarga.

Dengan berbagai kejutan tersebut, mau tidak mau tentu KMI melakukan penyesuaian harga. Mengingat beberapa bagian mendapatkan sentuhan baru. Semula All New KIA Carens dibanderol di kisaran harga Rp268 juta, kini dengan perubahan yang ada menjadi Rp281 juta untuk varian otomatis.

Sementara untuk varian manual dengan perubahan yang ada harganya menjadi Rp261 juta. Perubahan harga dengan adanya penambahan tersebut memang patut diapresiasi. KMI memang sepertinya masih mencoba memberikan nilai tambah yang kasatmata seperti jok kulit, head unit, dan layar modern.

Tidak salah memang, tetapi mungkin masih ada konsumen lain yang membutuhkan nilai lebih yang sifatnya tidak terlihat. Bisa saja ada konsumen yang membutuhkan penambahan ABS, jumlah airbags , hingga cruise control yang bisa memberikan peace of mind . Sebab, dari segi performa dan desain All New KIA Carens adalah mobil yang tidak bisa dianggap remeh.

Ketika mencobanya selama 4 hari ke Bandung, Jawa Barat, mobil ini memberikan sensasi berkendara yang sangat baik. Mobil ini sangat nyaman untuk membawa keluarga dalam perjalanan jauh. Mesin Nu dengan kapasitas silinder 2,0 liter memberikan respons positif selama dijalankan.

Saat menuju ke Lembang dan Kampung Gajah yang didominasi jalan menanjak, mobil ini sangat percaya diri melahapnya. Satu lagi dari All New Carens adalah kemudahannya berjalan pada malam hari. Saat menikung pada malam hari, wilayah blind spot dapat dikikis berkat fitur static bending light-lampu menikung yang berada di bawah headlight.

Saat setir digerakkan, lampu menikung tersebut akan menyala sesuai arah komando kemudi. Seandainya fitur seperti ini yang ditingkatkan lagi, All New KIA Carens memang akan terasa jadi lebih istimewa lagi.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5690 seconds (0.1#10.140)