Sahabat Sejati Pencinta Kecepatan

Kamis, 19 Maret 2015 - 11:31 WIB
Sahabat Sejati Pencinta Kecepatan
Sahabat Sejati Pencinta Kecepatan
A A A
Bridgestone mendesain ban Potenza Adrenalin RE003 untuk para pencinta kecepatan. Bagaimana kualitas ban ini ketika diuji langsung di proving ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat? Pencinta mobil dengan kecepatan tinggi atau sport memang tidak banyak.

Masih banyak orang yang lebih mengendarai mobil dengan kecepatan aman. Menariknya, hampir setiap tahun penjualan mobil sport medium terus meningkat. “Tahun 2010 data internal kami mencatat penjualan mobil sport sebanyak 5.769 unit. Tahun lalu angkanya kini menjadi 7.500 unit,” ujar Herry Maylanda, Consummer Product Planning Section Manager PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN).

Perkembangan positif inilah yang membuat BSIN tidak ragu membuat update produk ban sport terbaru mereka. Setelah Potenza Adrenalin RE002, kini mereka menawarkan Potenza Adrenalin RE003 yang diklaim tangguh di jalan basah maupun kering, stabil saat melahap tikungan, sekaligus nyaman digunakan sehari-hari.

Benarkah? PT BSIN mengajak KORAN SINDO mencoba langsung ban tersebut di proving ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat. Metode pengujian dilakukan dalam dua tahap, yakni wet course atau jalan basah dan dry course atau jalan kering. Masing-masing tahap diberikan dua mobil satu mobil lainnya menggunakan ban lain atau kompetitor.

KORAN SINDO kedapatan mencoba ban tersebut di jalan basah terlebih dulu dengan ban kompetitor. Jalan basah yang disediakan memang sangat basah karena sprinkle yang ada di sisi jalan terus-terusan menyiramkan air. Saat pertama kali mencoba ban kompetitor, terutama ketika melakukan beberapa manuver dengan kecepatan 60 kilometer per jam, terasa bagian belakang mobil Toyota Corolla Altis sangat mudah terbuang.

Sebaliknya ketika berpindah di mobil dengan ban Potenza Adrenalin RE003, hal berbeda terjadi. Mobil terasa menempel dengan aspal meskipun diketahui jalanan tergenang air cukup banyak. “Kalau masih penasaran, coba ditambah kecepatannya sampai 70 kilometer per jam,” ajak instruktur Bridgstone yang menemani di dalam mobil. Penasaran, pedal gas pun diinjak lebih dalam.

Sangat menarik karena mobil masih tetap terasa stabil. Tangan di kemudi sama sekali tidak melakukan koreksi seperti halnya ketika terjadi gejala badan mobil terbuang. Tidak ditemukan gejala slip sedikit pun ketika mobil ini bergerak lincah di jalan basah. Setelah puas bermain di jalan basah, saatnya berpindah ke jalan kering dengan mobil yang berbeda, All New Honda Jazz RS.

Sebenarnya, perpindahan ini tidak begitu signifikan lagi menurut KORAN SINDO karena di jalan basah saja ban ini terasa sangat menempel di jalan, apalagi di jalan kering. Namun, PT BSIN memberikan beberapa kun yang bisa digunakan untuk slalom . Setidaknya kestabilannya bisa dibuktikan dengan lebih baik.

Untuk lintasan kering jalan lurus, perbedaannya dengan kompetitor memang sulit dibedakan. Namun, begitu slalom atau zig-zag, ban ini terasa lebih unggul. Ibarat kata, mobil ini seolah berada di sebuah rel yang membuatnya sangat stabil. Dan yang menarik ketika diuji noise reduction dalam kecepatan 60 kilometer per jam. Ban mobil ini tidak begitu berisik.

Setidaknya ini mematahkan stigma ban mobil sport yang tidak begitu nyaman digunakan untuk kegiatan seharihari. Kesimpulannya, Potenza Adrenalin RE003 memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Hanya untuk kelebihan tersebut, konsumen harus menebusnya dengan harga yang cukup lumayan, yakni dari harga Rp1,466 juta hingga Rp1,966 juta.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4729 seconds (0.1#10.140)
pixels