Lexus NX Terinspirasi Petinju

Kamis, 19 Maret 2015 - 11:36 WIB
Lexus NX Terinspirasi Petinju
Lexus NX Terinspirasi Petinju
A A A
Dunia sempat dikejutkan dengan kehadiran mobil konsep dari Lexus bernama LF-NX pada pertengahan 2013. Akhirnya, Lexus meresmikan pemunculan LF-NX di ajang Frankfurt Motor Show pada tahun yang sama.

Kejutan yang diberikan Lexus untuk publik adalah desain berani dan modern serta menampilkan sosok yang agresif namun dengan dimensi kompak. Tak lebih dari setahun berselang, pada April 2014, Lexus secara resmi memperkenalkan kepada publik Lexus NX di ajang Beijing Motor Show.

Kehadiran NX di Beijing menjawab spekulasi apakah NX merupakan pengganti RX. Kenyataannya, NX adalah Compact Luxury SUV dan menjadi pelengkap segmen SUV Lexus yang sebelumnya sudah diisi oleh Medium Luxury SUV - RX dan Premium Luxury SUV - LX. Mobil ini dirilis di Indonesia pada Senin (2/3).

“Agar mampu tampil menawan bagi para konsumen, teknisi dan desainer fokus pada pengembangan mesin serta platform dan desain. Konsumen di sini adalah mereka para kawula muda atau mereka yang berjiwa muda,” ujar Chief Engineer Lexus NX Takeaki Kato. Pria yang punya hobi bermain PlayStation ini mengatakan, sekitar 2.000 engineer mengerahkan semua passion mereka untuk turut menjadi sejarah dalam kelahiran produk yang benar-benar baru ini.

Inspirasi yang mereka dapatkan adalah petinju kelas light weight ringan dan lincah, tapi memiliki kekuatan dan tangguh. Pengembangan Lexus NX untuk menjelma sebagai compact luxury SUV dengan berbagai keunggulan dan kelincahan harus melalui uji coba yang ekstrem sebelum siap dihadirkan untuk konsumen dunia.

Para teknisi Lexus membawa NX sejauh 1 juta kilometer untuk membuktikan bahwa NX mampu memberikan hanya yang terbaik untuk konsumen. Dari jalanan yang standar kota hingga perjalanan menuju pegunungan dengan ketinggian sekitar 3.000 meter di atas permukaan laut. Tak hanya itu, NX pun diajak berpanas ria dibawa suhu 50o C hingga merasakan daerah yang dingin ekstrem mencapai-30o C.

Secara engineering , para teknisi dan desainer berhasil menciptakan kendaraan SUV yang tangguh. Pengembangan safety pada Lexus NX termasuk salah satu key points untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengemudi dan penumpang. Hasil tes pada beberapa instansi yang bertanggung jawab terhadap pengujian crash, seperti US-NCAP, Euro-NCAP menunjukkan bahwa Lexus NX adalah salah satu kendaraan teraman di dunia dengan mendapat bintang lima atau nilai tertinggi.

“Untuk keamanan di dalam kabin, Lexus NX hadirkan 8 SRS airbag , termasuk side-airbag serta knee-airbag ,” sebut Kato. Tidak hanya penggunaan mesin turbo yang pertama, Lexus secara cerdas mengembangkan teknologi serta fitur terbaru yang disematkan pada Lexus NX. Bahkan beberapa fitur yang disematkan pada Lexus NX ini merupakan yang pertama kali diterapkan pada segmen compact luxury SUV.

Anton c
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2144 seconds (0.1#10.140)