Bayi Dapat Perawatan dari Ayah, Motoriknya Lebih Baik

Kamis, 19 Maret 2015 - 14:36 WIB
Bayi Dapat Perawatan dari Ayah, Motoriknya Lebih Baik
Bayi Dapat Perawatan dari Ayah, Motoriknya Lebih Baik
A A A
JAKARTA - Peran aktif seorang ayah dalam merawat anak sejak masa awal kelahirannya, sangat dibutuhkan untuk mendukung dan memaksimalkan potensi kecerdasan anak di periode emas perkembangannya, yaitu pada usia 0-4 tahun.

Khususnya pada 0-6 bulan pertama, bayi yang kerap mendapatkan perawatan dari sang ayah terbukti memiliki nilai perkembangan motorik yang lebih baik, jika dibandingkan dengan bayi yang tidak memperoleh perawatan dari sang ayah.

"Keterlibatan seorang ayah dalam merawat bayi sejak masa awal kelahirannya akan memaksimalkan perkembangan fungsi indra, gerak dan kecerdasan kognitif pada anak. Peran ayah juga memberikan manfaat yang sangat besar secara psikologis, tidak hanya bagi bayi namun juga bagi ayah dan keluarga," ujar praktisi neurosains terapan, Anne Gracia, saat Konferensi Pers Zwitsal kampanyekan 'Suamiku, Ayah Luar Biasa', di Hotel Double Tree, Cikini, Jakarta, Kamis (19/3/2015).

Dia menjelaskan, peran aktif seorang ayah dibutuhkan untuk menstimulasi 5 dari 7 sistem sensorik pada bayi, yakni taktil (perabaan), vestibular (keseimbangan), proprioseptif (gerak antar sendi), dan auditori (pendengaran) serta olfaktori (penciuman). Frekuensi suara ayah yang lebih rendah dari ibu, hal ini akan mestimulasi sistem auditori (pendengaran) bayi.

Anne menjelaskan, salah satu cara yang dapat dilakukan oleh seorang ayah untuk berperan aktif dalam merawat bayinya dapat dilakukan dengan memandikannya. "Memandikan bayi merupakan cara yang dapat meningkatkan kedekatan emosional antara ayah dan bayi, menstimulasi sistem vestibular bayi, serta merupakan momen ceria yang indah dan menyenangkan antara ayah dan si kecil," ujarnya.

Dalam rangka mendukung tumbuh kembang seorang anak sejak masa awal kelahirannya, Zwitsal mengkampanyekan 'Suamiku, Ayah Luar Biasa'. Melalui berbagai inovasi, produk dan kampanyenya, Zwitsal sebagai brand ahli produk perawatan bayi selalu ada di setiap momen ceria Bunda, Ayah dan si kecil.

Selain itu, perusahaan produk perawatan bayi ini juga meluncurkan produk terbaru Zwitsal Classic Baby Bath dan Zwitsal Classic Baby Shampoo dengan formula baru yang ekstrak lembut dan teruji Hypo-Allergenic.

"Zwitsal mengerti bahwa peran aktif orang tua, termasuk ayah, memiliki kontribusi yang besar untuk mendukung tahap perkembangan kecerdasan si kecil. Hal ini bertujuan untuk memberikan edukasi akan manfaat keterlibatan ayah dalam merawat si kecil," papar Brand Manager Zwitsal, Rika Sandi
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9663 seconds (0.1#10.140)