Waspada Penyakit Ginjal Kronik

Jum'at, 20 Maret 2015 - 08:52 WIB
Waspada Penyakit Ginjal Kronik
Waspada Penyakit Ginjal Kronik
A A A
SEKITAR10% dari populasi dunia menderita penyakit ginjal kronik (PGK) dan diprediksi meningkat hingga 17% pada dekade selanjutnya. WHO mengakui penyakit ini sebagai masalah kesehatan serius.

Di Tanah Air, prevalensi PGK terus meningkat setiap tahun. Berdasarkan data Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri), sampai tahun 2012 pasien yang mengalami PGK mencapai 100.000 pasien. Hipertensi dan diabetes diketahui menjadi pemicunya. Guru besar penyakit dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) DR dr Parlindungan Siregar SP PDKGH menyebutkan PGK kerap disebut sebagai the silent disease.

Pasalnya penyakit ini lebih sering diketahui pasien ketika telah mencapai stadium 3-4. Mereka merasa heran saat disuruh cuci darah karena tidak tahu sebelumnya sudah terkena penyakit ginjal. Kerusakan ginjal awalnya memang tidak bergejala. Hal ini membuat pasien tidak lantas mengobatinya. Nyatanya gangguan ginjal dapat mengakibatkan penurunan fungsi ginjal, dan di tahap lanjut membutuhkan cuci darah (hemodialisis).

”Jumlah pasien yang menjalani hemodialisis akibat hipertensi dan diabetes mencapai 60%,” kata Ketua Pernefri dr Dhameizar Sp PD-KGH dalam acara “Peringatan Hari Ginjal Sedunia 2015 bertema Ginjal Sehat untuk Semua” di Kuningan, Jakarta, Kamis (12/3). Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia yang jatuh setiap hari Kamis pekan kedua bulan Maret. Dikatakan PGK apabila ginjal sudah mengalami kerusakan selama lebih dari tiga bulan.

Jika sudah terkena, maka tidak ada lagi istilah sembuh. Kerusakan akan terus berjalan dari stadium satu hingga stadium lima (akhir). Lebih jauh Dharmeizar mengatakan, masih ada faktor lain yang bisa memicu PGK pada seseorang, namun hipertensi dan diabetes dapat menjadi gejala klinis penyakit ginjal. Tak hanya itu, adanya batu ginjal dalam saluran kemih turut memicu penyakit tersebut.

”Jangan sampai orang yang berisiko kena PGK, yakni yang memiliki diabetes, batu ginjal, atau hipertensi masuk ke dalam tahap awal. Kalau sudah masuk stadium 1, maka sudah tidak bisa disembuhkan dan pengobatan sifatnya hanya bisa memperlambat prosesnya,” kata Dharmeizar. Dampak penyakit ginjal ini sangat besar pengaruhnya terhadap sosial ekonomi penderita dan negara mengingat biaya mahal yang dikeluarkan penanganan penyakit ini.

Terutama untuk biaya cuci darah atau transplantasi ginjal. Terlebih saat ini biaya pengobatan pasien PGK telah ditanggung oleh negara melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Karena itu, jika penyakit ini dapat dicegah dari awal, tentu biaya tersebut dapat digunakan untuk penyediaan fasilitas kesehatan lain. Misalnya membangun puskesmas dan melengkapi obatobatan dan vaksinasi. ”Kami berharap dengan diadakannya edukasi mengenai penyakit ginjal, penderita dan negara dapat terhindar dari dampak besar akibat penyakit tersebut,” sebut Dharmeizar.

Mengingat pentingnya kesehatan ginjal bagi seluruh masyarakat, maka International Society of Nephrology (ISN) dan the International Federation of Kidney Foundation (IFKF) mengangkat “Kidney Health for All” atau “Ginjal Sehat untuk Semua” sebagai tema dalam peringatan World Kidney Day(WKD). Menginjak tahun kesepuluh ini, WKDingin memfokuskan kesehatan ginjal untuk seluruh masyarakat global. PGK diakui WHO sebagai masalah kesehatan serius dunia.

Masyarakat yang hidup di negara dengan akses pelayanan kesehatan yang rendah menghadapi risiko terbesar terhadap dampak penyakit ginjal karena biaya yang dibutuhkan untuk terapi penyakit tersebut sangat tinggi. Ginjal merupakan bagian organ tubuh yang memiliki banyak peran.

Selain berfungsi sebagai penyaring racun dan zat sisa dalam darah, ginjal juga menjaga keseimbangan volume dan komposisi cairan tubuh, mengatur keseimbangan asam-basa, dan mengatur tekanan darah. Begitu pentingnya peranan ginjal, maka sudah sewajarnya Anda memperhatikan kesehatan ginjal.

Sri noviarni
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7397 seconds (0.1#10.140)