Berburu Produk Tanah Air di Alun-Alun

Jum'at, 20 Maret 2015 - 10:00 WIB
Berburu Produk Tanah Air di Alun-Alun
Berburu Produk Tanah Air di Alun-Alun
A A A
Bagi Anda yang tengah berburu kain tradisional khas Nusantara, tak ada salahnya mampir ke Alun-Alun yang berlokasi di pusat perbelanjaan Grand Indonesia, Jakarta.

Di sini, Anda bisa menemukan wastra atau kain tradisional dari berbagai daerah di Tanah Air seperti Jakarta, Solo, Cirebon, Bali, Nusa Tenggara, Lampung, Pontianak, dan Banjarmasin. Selain bisa berburu wastra dengan harga dan motif yang variatif, di sini Anda juga dapat menemukan produk kerajinan tangan khas Tanah Air.

Untuk melengkapi penampilan, tersedia sejumlah tenant yang menawarkan perhiasan bernuansa etnik. Ada pula sejumlah tas yang dihadirkan dengan material batik atau tenun. Di Alun-Alun, Anda juga bisa mencari barang-barang tradisional yang unik. Misalnya saja sebuah dasi batik dari Datie Handicraft. Adapun yang membuat item tersebut tidak biasa adalah materialnya yang terbuat dari kayu.

Jangan berpikir benda ini akan kaku saat dikenakan. Itu karena dasi satu ini sudah dibuat patah-patah sehingga lentur seperi kain. Dasi kayu seharga Rp200.000 tersebut ditawarkan dengan dua motif batik, yakni tribal dan garis. Bukan hanya dasi, di tempat ini Anda juga bisa menjumpai beragam kerajinan menarik lain, semisal tas maupun clutch anyam berbahan rotan yang berhiaskan rumah kerang, hingga plat berbentuk ayam yang ditawarkan dengan harga Rp250.000 sampai Rp650.000.

Lalu ada pula wayang berwujud karakter tokoh Betawi yang dijual seharga Rp350.000. Bagi para pencinta kain tradisional, Alun-Alun bisa diibaratkan sebagai surganya wastra. Di sini Anda dapat menemukan berbagai macam wastra, mulai batik yang dibanderol harga Rp50.000 hingga tenun seharga Rp8 juta. Ada juga beberapa item yang ditawarkan dengan potongan harga 50%.

Misalnya saja batik label Antik Sudalmi yang menyediakan kain batik dengan harga mulai Rp50.000, Rp100.000, Rp150.000, hingga Rp450.000. Kain itu umumnya merupakan batik cap dan batik tulis, dan ada juga beberapa kebaya encim. Tidak hanya itu, bagi Anda yang gemar mengoleksi aksesori batik, jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki dompet dengan corak batik tulis.

Dompet berwarna cokelat dan merah marun tersebut ditawarkan dengan harga Rp150.000 saja. Lalu, ada pula pouch dengan ragam tema lucu yang bertuliskan “Hindari Musibah Hape-Hapean”, “Nobar Bareng”, serta “Keep The Ocean Clean” yang dibanderol dengan harga hanya Rp100.000. Guna menambah sentuhan tradisional pada penampilan Anda, cari saja shawl bermotif etnik. Shawl bercorak batik tulis ini terbuat dari bahan sutra dan dipasarkan dengan harga Rp125.000. Jadi, tunggu apa lagi?

Aprilia s andyna
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7263 seconds (0.1#10.140)