Banyak Menonton TV Picu Depresi Pada Anak

Jum'at, 20 Maret 2015 - 15:25 WIB
Banyak Menonton TV Picu Depresi Pada Anak
Banyak Menonton TV Picu Depresi Pada Anak
A A A
JAKARTA - Menonton televisi dan bermain game kerap dijadikan hiburan bagi anak. Dengan begitu, anak dapat menatap monitor berjam-jam. Namun tahukah Anda bahwa kegiatan tersebut dapat membuat anak menjadi depresi?

Dilansir dari Femalefirst, sebuah penelitian menyebutkan, menghabiskan banyak waktu di depan televisi dan bermain game komputer dapat meningkatkan kecemasan dan depresi pada anak-anak.

Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan, menghabiskan waktu di depan layar memicu kesejahteraan di kalangan anak-anak menurun. Hal tersebut merupakan sesuatu yang memprihatinkan. Tidak hanya itu, menonton televisi juga dipercaya dapat menurunkan harga diri, rendah diri dan kebahagiaan.

"Semakin banyak waktu yang dihabiskan di depan layar, semakin besar pula dampak negatif pada kedua masalah perilaku dan emosional yang berkaitan dengan perkembangan anak," papar Asosiasi Kesehatan Masyarakat Inggris, Profesor Kevin Fenton.

Menurut Profesor Fenton, luas lingkungan mereka tinggal, keadaan sosial, keuangan dan keluarga mereka dapat menjadi salah satu faktor kesejahteraan anak.

Membatasi waktu di depan layar televisi, tablet atau komputer dapat menjadi salah satu alternatif pencegahan. Meregangkan kaki juga cara yang baik.

Beralih dari mengendarai mobil pribadi ke kendaraan umum, serta jalan kaki atau bersepeda dapat membantu mereka selalu melakukan kegiatan yang aktif sehingga tidak mudah stres atau depresi.

Melakukan aktivitas fisik juga sangat dianjurkan. Hal ini berguna bagi konsentrasi anak di sekolah. Memiliki hubungan yang baik dengan teman-teman di sekolah dapat mengurangi anak untuk terancam kecemasan dan depresi.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7361 seconds (0.1#10.140)