Tampil Lebih Modern

Senin, 23 Maret 2015 - 10:01 WIB
Tampil Lebih Modern
Tampil Lebih Modern
A A A
BERTAHUN-TAHUN Kontes Dangdut Indonesia (KDI) menjadi program andalan MNCTV. Ajang pencarian bakat menyanyi dangdut ini pun telah menjadi brand sebuah tayangan dangdut bermutu dan jaminan kualitas para lulusannya.

Tak heran di KDI 2015 ini MNCTV berusaha membuat gebrakan. Bukan saja konsep audisinya yang berubah agar kualitasnya lebih baik lagi, juga dibalut dengan panggung yang spektakuler. Seperti apa? Sebagai stasiun televisi dengan predikat “Rumahnya Dangdut” tentu ajang KDI menjadi pertaruhan nama baik MNCTV .

Lihat saja kualitas jebolan KDI , tak sedikit di antara mereka yang sukses bertahan di industri musik Indonesia sebagai pedangdut ternama. Sebut saja Siti KDI, Gita KDI, Selfi KDI, Maya KDI, Nurdin KDI, Juan Rahman KDI, dan Widhi KDI. Siapa saja yang menyandang predikat KDI di belakang namanya kelak tak diragukan lagi kemampuan vokal dan aksi panggungnya yang menawan.

Demikian dengan sisi konsep audisi yang digelar di 24 kota. Artinya, jangkauan ajang pencarian bakat ini lebih luas lagi. Semua itu demi memanjakan kontestan yang berada di pelosok. Persyaratannya pun lebih fleksibel. Menariknya lagi, KDI 2015 hadir dengan panggung berteknologi modern dan konsep acara yang baru.

Boleh dibilang, tata panggung dan sistem vote KDI 2015 merupakan konsep yang belum pernah digunakan di KDI sebelumnya. Panggung KDI 2015 menggunakan teknologi modern. Pemirsa bisa menyaksikan adanya gerbang yang otomatis terbuka saat peserta mendapat minimal 3 bintang dari para juri yang menyukai penampilannya.

Sekilas gerbang ini mirip dengan ajang pencarian bakat menyanyi berkelas internasional yang juga pernah hadir di Indonesia. Tapi tidak, di ajang KDI 2015 ini dukungan pemirsa melalui polling SMS dimulai setelah gerbang terbuka, yakni saat peserta menyanyikan lagu secara utuh. Ide gerbang terbuka itu pun diimplementasikan menggunakan sliding LED (light emitting diode ).

Di KDI 2015, LED bukan hanya dibuat untuk mendukung tata panggung, juga menjadi medium untuk menggaet rasa penasaran pemirsa sekaligus membuat penonton menaruh ekspektasi besar pada penampilan peserta kala mereka dinyatakan berhasil melewati gerbang.

Stage designer MNCTV Agus Kurniawan mengatakan, LED yang digunakan di panggung KDI 2015 tak tanggung-tanggung. Bukan hanya LED yang bisa bergeser, ada pula LED yang terpampang di berbagai sisi panggung dengan beragam ukuran. Semuanya dipasang untuk membuat panggung menjadi sangat hidup.“ Ya bisa dibilang ajang inilah yang pertama kali pakai konsep seperti ini,” kata Agus.

Meski KDI dikemas mengikuti perkembangan zaman, dibalut reality show yang menonjolkan gimmick , humor, dan eksplorasi latar belakang peserta yang biasanya melibatkan emosi pemirsa, tapi KDI tak kehilangan ruhnya sebagai the real kontes dangdut.

Fatturahman hakim
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7428 seconds (0.1#10.140)
pixels