Ubah Perilaku untuk Hidup Sehat

Senin, 23 Maret 2015 - 10:02 WIB
Ubah Perilaku untuk Hidup Sehat
Ubah Perilaku untuk Hidup Sehat
A A A
POPULASI manusia kian meningkat tiap waktunya. Namun, ini tidak didukung oleh jumlah air bersih yang tersedia.

Selain itu, kerusakan lingkungan, abrasi pantai, pembuangan sampah yang sembarangan, dan pencemaran air juga menjadi penyebab berkurangnya kualitas air. Kualitas air yang semakin buruk memicu berbagai penyakit, seperti diare, disentri, kolera, tifus, hepatitis, leptospirosis, malaria, demam berdarah, kudis, penyakit pernapasan kronis, dan infeksi parasit usus.

Melihat fenomena ini, PT Samsung Elektronik Indonesia (SEIN) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia, Palang Merah Korea, dan Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) bermitra dalam sebuah program pemberdayaan air bersih dan sanitasi.

Dalam kancah internasional, program ini dikenal dengan Water, Sanitation, and Hygiene (WASH) yang dicanangkan pada Rabu (11/3). ”Dengan adanya program WASH ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai perilaku hidup bersih dan sehat serta mendapatkan fasilitas air bersih dan sanitasi yang baik,” ujar Kang-Hyun Lee, selaku Vice Pesesident Corporate Business and Corporate Affair PT Samsung Elektronik Indonesia (SEIN).

Untuk mendukung program WASH, ini salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) terhadap masyarakat di Indonesia, Samsung memberikan donasi sebesar USD 300.000/tahun kepada Palang Merah. Adapun implementasi program ini direncanakan berjalan selama dua tahun masa kerja sama, yakni 2015 hingga 2017.

Tujuan yang ingin dicapai, yaitu dapat meningkatkan ketangguhan dan pemberdayaan 40.000 orang di 20 komunitas serta 10 sekolah di Jawa Timur dan Kalimantan Timur melalui peningkatan akses masyarakat terhadap air bersih, sanitasi, dan promosi kesehatan.

Larissa huda
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7803 seconds (0.1#10.140)