Hanya 21%, Ayah Mau Merawat Anaknya

Senin, 23 Maret 2015 - 11:34 WIB
Hanya 21%, Ayah Mau Merawat Anaknya
Hanya 21%, Ayah Mau Merawat Anaknya
A A A
JAKARTA - Kegiatan merawat anak dianggap hanyalah kegiatan seorang ibu. Dengan berbagai alasan, dari mulai takut sampai tidak tahu caranya menjadi alasan untuk tidak mau turun tangan mengurus anak.

Padahal, faktanya peran aktif seorang ayah dalam merawat anak sejak masa awal kelahirannya sangat dibutuhkan. Ini bertujuan untuk mendukung dan memaksimalkan potensi kecerdasan anak di periode emas perkembangannya.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Zwitsal, ditemukan bahwa peran ayah dalam merawat anak hanya sebesar 21%. "Hanya 21 persen ayah selalu membantu merawat si kecil," papar Brand Manager Zwitsal, Rika Sandi, di Jakarta.

Data ini menunjukkan bahwa dari sepuluh orang laki-laki, hanya ada dua orang yang mau merawat anaknya. Rika menjelaskan, berdasarkan hasil penelitian tersebut keterlibatan para ayah dalam merawat anaknya hanya sebatas menggendong saja. "60 persen itu menggendong. Bahkan yang mau memandikan hanya 9 persen," jelasnya.

Bayi yang kerap mendapatkan perawatan dari ayah pada masa 0-6 bulan terbukti memiliki perkembangan motorik yang lebih baik jika dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan perawatan ayah.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8330 seconds (0.1#10.140)
pixels